Kuliner

Wednesday, 23 September 2020 - 21:36 WIB

2 months yang lalu

logo

Ayam Goreng Mbah Karto Sukoharjo

Ayam Goreng Mbah Karto merupakan salah satu tempat kuliner andalan yang ada di Sukoharjo. Saking lezatnya ayam goreng yang ada di sini, beberapa presiden Indonesia terlihat menikmati masakan di warung satu ini. Begitu juga dengan Presiden Joko Widodo yang sering terlihat memesan makanan di Ayam Goreng Mbah Karto. Sejak dia menjabat menjadi walikota Solo, Jokowi sudah menjadi langganan di warung makan satu ini. Bahkan setelah menjadi Presiden pun, beliau tidak melupakan warung satu ini. Beberapa kali terlihat saat sedang liburan ke Solo, Jokowi menyempatkan diri untuk mampir ke Ayam Goreng Mbah Karto.

Menu Andalan Ayam Goreng Mbah Karto

Apa sih yang membuat warung makan yang berdiri sejak 1960an ini begitu tersohor ? Sesuai nama warung makan ini, tentu saja menu ayam goreng kampungnya yang menjadi andalan hingga bisa menjadi tersohor hingga sekarang. Dilengkapi dengan sambel blondo (sambel hitam), ayam goreng yang disajikan ini dianggap memiliki paduan tekstur dan bumbu yang pas sehingga membuat banyak pejabat di Indonesia menjadi ketagihan. Saking enaknya ayam disini, kita akan sering menjumpai pengunjung yang berasal dari luar kota yang menyempatkan diri untuk makan di warung ini. Banyak sekali pengunjung yang berasal dari kota besar di Jawa Tengah, seperti Semarang, Salatiga dan Solo. Bahkan, pengunjung yang berasal dari Jakarta pun hampir setiap hari ada saja yang mampir ke warung yang melegenda ini.

Ayam kampung yang diolah disini hanyalah ayam yang baru berusia muda, yaitu sekitar usia tiga bulan. Ayam kampung dengan umur segitu memang ukurannya belum terlalu besar, tetapi memiliki tekstur daging yang relatif empuk tetapi tetap ulet sehingga sangat pas jika dimanfaatkan sebagai ayam goreng. Setelah itu, ayam kampung ini dibumbui dengan bumbu bacem, bawang putih dan di padukan dengan rempah-rempah. Ayam yang dibumbu ini diungkep terlebih dahulu menggunakan api kayu bakar sehingga bumbu tadi bisa masuk ke dalam daging dengan sempurna. Itulah salah satu teknik yang dilakukan oleh warung makan ini, sehingga menghasilkan ayam goreng yang benar-benar menggugah selera.

Kunci kenikmatan dari ayam goreng disini adalah penyajiannya yang masih dalam keadaan panas. Ayam disajikan ketika baru selesai digoreng bersamaan dengan nasi putih, urap dan lalapan dari sayuran yang dalam keadaan segar. Untuk menambah nikmat rasanya, disediakan berbagai macam sambal diantaranya sambal blondo, sambal bawang dan sambal terasi. Sambal blondo merupakan salah satu menu andalan disini, sambel ini jugalah yang menjadi favorit Presiden Jokowi. Sambal ini dibuat dari ampas minyak hasil endapan santan kental yang dicampur dengan sambal bawang. Sambal ini berwarna hitam dengan rasa campuran antara gurih, manis dan pedas.

Untuk masalah minuman disediakan berbagai minuman tradisional seperti beras kencur, kunyit asam dan jahe. Selain itu tersedia juga, es teh, es jeruk dan air mineral. saya lebih menyarankan anda untuk memesan beras kencur hangat untuk menemani ayam goreng yang akan anda santap di warung ini.

Harga Ayam Goreng Mbah Karto Sukoharjo

Walaupun sudah mempunyai nama besar yang cukup terkenal di kalangan para pejabat Indonesia. Ternyata harga Ayam Goreng di Mbah Karto terbilang masih sangat murah. Satu ekor ayam goreng disini dijual dengan harga 65 ribu rupiah saja,sedangkan untuk 1 porsi ayam goreng ditambah nasi dan lalapan harganya 20 ribu rupiah. Harga minumannya juga cukup ekonomis, es teh dan jeruk dihargai 5 ribu rupiah per gelasnya. Untuk minuman tradisional seperti beras kencur dan kunyit asam,warung Ayam Goreng Mbah Karto menyediakannya dengan harga 8 ribu per gelas.

Memang rata-rata tempat makan yang ada di Sukoharjo masih memiliki harga yang sangat ekonomis. Di Sukoharjo anda masih bisa makan nasi pecel dengan uang 5 ribu rupiah saja, tentu harga semurah itu sulit didapatkan di tempat lain. Harga kuliner yang ekonomis menjadi salah satu yang menyebabkan berwisata di Sukoharjo begitu menarik. Selain makanan yang murah, obyek wisata yang tersedia di sekitar sini relatif bervariasi sehingga akan membuat liburan anda memuaskan.

Lokasi

Warung Makan Ayam Goreng Mbah Karto Sukoharjo berlokasi di Jl Jaksa Agung Raya Suprapto No.8, Jombor, Bendosari, Sukoharjo. Anda bisa datang ke warung ini menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Jika menggunakan kendaraan umum, anda bisa menggunakan bus jurusan Solo-Purwantoro dan turun di Terminal Sukoharjo. Dari terminal sukoharjo, anda naik bus jurusan Purwantoro-Solo yang akan berhenti tepat di depan warung ini.

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi, dari Solo anda menuju ke arah Sungai Bengawan Solo yang berada di Solo Baru. Dari sana anda tinggal terus menuju jalan ke arah Wonogiri hingga sampai ke Pasar Sukoharjo. Dari pasar anda belok kanan dan begitu sampai di perempatan Bulusari, anda belok kanan lagi hingga sampailah ke Kejaksaan Sukoharjo. Warung makan ini terletak persis di depan kejaksaan tersebut.

Bangunan tempat Warung Ayam Mbah Karto memang terlihat sangat sederhana dan kurang menonjol sehingga seringkali pengunjung yang belum terbiasa akan kelewatan ketika ingin mengunjungi warung ini. Kantor kejaksaan menjadi patokan paling enak bagi yang baru pertama kali berkunjung kemari. Warung ini buka mulai pukul 7 pagi hingga 9-10 malam, tetapi sebaiknya anda tidak datang pada jam makan siang karena akan sangat ramai pengunjungnya di waktu tersebut. Waktu paling bagus untuk menikmati ayam ini tentu saja pada pagi hari, sebagai sarapan anda atau malah pada malam hari.

Artikel ini telah dibaca 340 kali

Baca Lainnya