Kuliner

Saturday, 20 April 2019 - 20:13 WIB

2 years yang lalu

logo

Jelajah Pusat Oleh-oleh di Surabaya yang Jadi Tujuan Terbaik Wisatawan

Selama ini tak lengkap rasanya berwisata di suatu kota tanpa memburu oleh-oleh khas yang dimiliki, termasuk juga saat berwisata di Surabaya. Kala berkunjung ke Surabaya, sebaiknya tak melewatkan kesempatan untuk mampir ke pusat oleh-oleh Surabaya untuk memborong berbagai oleh-oleh khas kota ini.

Ada banyak tempat oleh-oleh Surabaya yang dapat menjadi tujuan wisatawan. Bagi yang sedang berkunjung ke Surabaya dan bingung mencari oleh-oleh yang khas kota ini baiknya menyimak daftar tempat oleh-oleh yang wajib dikunjungi di sini. Tak hanya menghadirkan ragam pusat oleh-oleh, di sini juga akan dihadirkan tips untuk memilih oleh-oleh. Yuk simak lengkapnya di bawah ini.

Daftar Pusat Oleh-oleh Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Surabaya, ibu kota Jawa timur ini memang menjadi salah satu kota yang banyak dituju wisatawan. Ada beragam hal menarik yang hadir di kota ini. Mulai dari beragam museum yang siap memberikan edukasi pada pengunjungnya, taman-taman unik, sampai tempat wisata yang menarik.

Hanya saja saat berkunjung ke Surabaya jangan lupa menyempatkan diri untuk mampir dan membeli oleh-oleh khas Surabaya. Untuk yang bingung mencari oleh-oleh, tak perlu khawatir. Ada 5 pusat oleh-oleh Surabaya ini yang dapat menjadi tujuan untuk mencari oleh-oleh.

Panen Raya

Salah satu toko yang dapat dijadikan tujuan memborong oleh-oleh khas Surabaya adalah Toko Panen Raya. Toko ini terletak di Jalan Genteng Besar atau di Jalan Ngiden. Ada berbagai makanan khas Surabaya yang hadir di toko ini.

Bahkan pengunjung toko ini juga dapat turut serta berburu makanan khas sekitar Surabaya yang hadir di toko ini. Ada beragam variasi makanan dan camilan yang siap untuk dibawa pulang. Mulai dari krupuk sampai dengan ikan yang digoreng hadir di tempat oleh-oleh yang satu ini.

Harga yang diberikan pun cukup terjangkau, misal untuk camilan yang berbahan dasar ikan laut harganya mulai dari Rp. 10.000 sampai dengan Rp. 65.000 rupiah saja. Untuk krupuk harganya lebih murah lagi, yaitu Rp. 5.000 sampai dengan Rp. 20.000. Harga ikan juga cukup bervariasi tergantung dari jenis ikan, namun rata-rata harganya mencapai Rp. 70.000 sampai dengan Rp. 80.000. Nah, jadi tinggal pilih deh mana yang dirasa paling suka dan akan dibawa pulang.

Pasar Genteng Baru

Kalau dirasa oleh-oleh masih kurang rasanya dapat mulai berburu ke tempat oleh-oleh lain di Surabaya. Tempat yang dimaksud adalah Pasar Genteng Baru. Di pasar ini pengunjung juga dapat menemukan berbagai oleh-oleh khas Surabaya yang diperjual belikan para pedagang pasar.

Sebut saja masalah kerupuk, kerpiki, petis sampai dengan bandeng asap dapat dengan mudah ditemukan di pasar ini. Harga yang dihadirkan juga terjangkau, jadi tak perlu takut lagi kantong akan jebol akibat membeli oleh-oleh di tempat ini.

Bagi yang ingin menjelajah pasar Genteng Baru, dapat datang ke Jalan Genteng Besar, Bubutan, Surabaya. Untuk jam buka pasar ini sendiri adalah mulai jam 10.00 sampai dengan jam 17.00 WIB.

Pasar Atom Surabaya

Ingin berbelanja tidak hanya makanan namun juga pakaian dan berbagai macam aksesoris sampai kue kering? Nampaknya Pasar Atom dapat menjadi tujuan yang pas kali ini. Pasalnya pasar legendaris yang satu ini hadir dengan berbagai macam produk yang dapat dipilih pengunjung.

Memang pasar ini terkenal sebagai pasar tempat produk-produk baju dengan kualitas terbaik hadir. Namun, ternyata selain baju juga ada beragam hal lain yang dijual di pasar ini. Produk-produk yang ada di sini dapat dibeli baik dengan grosir atau pun eceran tergantung dari tempat pengunjung membeli produk.

Tak hanya terkenal dengan produk-produknya yang berkualitas wahid, pasar ini rupanya terkenal dengan kuliner jajanan khas Surabaya yang siap untuk dinikmati. Jadi bagi yang ingin menjelajah cita rasa kuline tradisional Surabaya, sepertinya pasar ini cocok untuk dijadikan tujuan.

Tertarik berkunjung ke pasar ini? Langsung saja mendarat di Jalan Bunguran No 45, Bongkaran, Pabean Cantian, Surabaya. Jam buka pasar ini sendiri mulai jam 10.00 sampai dengan 18.00 WIB.

Kaos CakCuk

Kaos khas daerah menjadi salah satu oleh-oleh yang wajib dibawa pulang wisatawan. Ternyata Surabaya juga memiliki kaos yang menawarkan kata-kata unik khas Surabaya. Wisatawan yang ingin memperoleh kaos dengan kata-kata unik ini dapat langsung menyambangi toko Kaos CakCuk.

Ada beberapa outlet kaos ini yang dapat ditemui di Surabaya. Kaos-kaos yang ada di toko ini hadir dengan kosa kata yang unik, lucu dan pastinya bakal bikin ketawa. Harga yang ditawarkan juga cukup murah, mulai dari 40-an ribu untuk anak-anak dan dewasa mulai dari 60-an ribu.

Tunjungan Plaza

Surabaya memang dikenal sebagai salah satu kota besar di Indonesia. Fasilitas kota ini pun sudah tidak perlu diragukan lagi. Ada beragam pusat perbelanjaan besar yang siap untuk memanjakan pengunjung yang datang. Di dalamnya juga hadir berbagai barang-barang bermerk yang mungkin tidak dapat ditemui di semua kota.

Salah satu pusat perbelanjaan yang siap untuk hadir dan memenuhi kebutuhan belanja para pengunjung adalah Tunjungan Plaza. Pusat perbelanjaan yang satu ini memang cukup terkenal dengan deretan toko-toko yang dimilikinya dari yang harga terjangkau sampai dengan yang menguras kantong hadir di sini. Untuk yang ingin berbelanja barang-barang bermerk sebagai oleh-oleh nampaknya pusat perbelanjaan ini bisa jadi pilihan yang pas.

Pahami  Tips-tips Ini Saat Memilih Oleh-oleh

Tadi sudah banyak dibahas mengenai pusat oleh-oleh Surabaya yang dapat menjadi tujuan pengunjung. Hanya saja tak hanya memperhatikan pusat oleh-olehnya, sebaiknya ada beberapa hal yang harus dipahami saat memilih oleh-oleh. Berikut ini beberapa di antaranya.

1.Pastikan Sesuai Budget

Tanpa disadari kadang biaya untuk membeli oleh-oleh ini menjadi salah satu biaya yang cukup menyita budget. Untuk itu sebelum membeli oleh-oleh sebaiknya disiapkan budget yang akan digunakan untuk membeli oleh-oleh.

Jadikan budget tersebut sebagai pembatas biaya oleh-oleh yang akan dikeluarkan. Ingat untuk tidak berbelanja melebihi budget yang telah ditentukan. Sebaiknya juga disiapkan daftara barang yang akan dibeli untuk dijadikan oleh-oleh agar nantinya tidak merambat ke barang-barang yang lain.

2.Untuk Makanan Pastikan Tanggal Kedaluwarsa

Salah satu oleh-oleh yang biasa dibeli adalah makanan. Bagi yang ingin membeli makanan ada satu tips yang wajib untuk dipahami, yaitu untuk memastikan tanggal kedaluwarsa makanan tersebut. Harus dipahami jika di pusat oleh-oleh Surabaya yang jadi tujuan mungkin ada banyak makanan yang dijual. Tak menutup kemungkinan jika ada makanan yang terlewat untuk disortir, maka dari itu jangan lupa melihat tanggal kedaluwarsa dari makanan tersebut.

3.Kapasitas Oleh-oleh

Bagi yang bepergian menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi sebaiknya memperhatikan kapasitas dari oleh-oleh yang akan dibeli. Jangan sampai barang bawaan meningkat tajam dan justru susah untuk dibawa akibat terlalu banyak. Untuk itu sebaiknya persiapkan ruang untuk oleh-oleh tersendiri.

Memang berlibur tanpa membeli oleh-oleh tentu serasa ada yang kurang. Ada banyak pusat oleh-oleh Surabaya yang siap dijadikan tujuan untuk berbelanja oleh-oleh. Namun, tentu saja saat berbelanja oleh-oleh jangan lupakan ketiga tips yang diberikan di atas ya.

Artikel ini telah dibaca 776 kali

Baca Lainnya