Liburan

Tuesday, 16 April 2019 - 21:00 WIB

2 years yang lalu

logo

Ke Pulau Dewata tapi Bingung Cari oleh-oleh? Ini Pilihannya

Untuk Anda yang suka traveling, Anda pasti pernah memiliki perasaan jenuh dan lelah untuk membawa pulang oleh-oleh yang serupa namun berbeda dari setiap liburan Anda, yang biasanya terdiri dari cokelat, gantungan kunci, magnet, dan pernak-pernik lainnya dengan penampilan yang agak eksotis. Mencari oleh-oleh yang tepat akan sulit memang namun jika dilakukan dengan teliti maka sebenarnya akan sangat mudah.

Fokus kita kali ini adalah oleh-oleh khas Bali, di mana kreativitas yang berlimpah telah menjadi komoditas utama. Anda sebenarnya dapat dengan mudah menemukan oleh-oleh yang unik dari pulau dewata ini, yang pastinya akan mengejutkan teman-teman Anda dan untuk membawa pulang sedikit warna, aroma, dan musik mistis yang telah Anda alami selama liburan Anda. Berikut adalah beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Bali yang patut Anda pertimbangkan.

Pie Susu

Pie Susu adalah suguhan manis paling terkenal dan telah menjadi oleh-oleh khas Bali yang paling ikonik. Anda akan sering menemukan banyak pelancong ke pulau Bali yang memburu pai susu lezat ini untuk dibawa pulang dan pilihan terbaik jatuh pada Pie Susu Enaaak yang notabene adalah pembuat Pie Susu utama yang telah ada sejak tahun 1989. Sekarang, ada banyak toko-toko Pie Susu lainnya namun akan sangat penting untuk tidak membingungkan pilihan replika dengan yang asli jika Anda tidak ingin kecewa ketika memakannya.

Apa yang membuat toko original pie susuk ini begitu khusus adalah bahwa setiap pie susu ini dibuat setiap hari dengan tangan, tanpa bahan pengawet tambahan. Ini juga merupakan alasan mengapa hanya ada stok harian yang terbatas, yang kebanyakan dipesan di muka. Rasanya sangat enak sehingga setiap hari, Anda akan menemukan antrian di depan toko hanya untuk mendapatkan sepotong pie susu buatan lezat ini. Pie susu dari brand Pie Susuk Enaaak telah terbukti lebih lembut, manis di bagian dalam, dibungkus dengan adonan buatan sendiri yang lezat dan dipanggang dengan sempurna. Makanan ini adalah oleh-oleh khas Bali pertama yang harus dicoba dan wajib dibawa pulang.

Perhiasan perak

Tidak ada yang dapat menangkal keindahan Perak yang mungkin akan sama indahnya dengan Bali. Namun perhiasan perak yang akan Anda dapatkan di Bali bahkan mungkin lebih cantik jika dibandingkan dengan pilihan yang lain karena biasanya akan dikombinasikan dengan batu alam, batu permata, atau bahkan karang.

Perhiasan perak asal Bali ini dibuat secara lokal oleh perajin perak berpengalaman yang telah berkecimpung di industri ini selama beberapa generasi. Desa Celuk, misalnya, dibangun di atas komunitas pengrajin perak tradisional, dan tentu saja, berburu perhiasan akan menjadi jauh lebih berbudaya dan mendidik jika Anda langsung berkunjung kesana. Tetapi bahkan jika jadwal Anda telah sangat penuh dengan hal-hal luar biasa yang dapat dilakukan di Bali, pusat perbelanjaan seperti yang ada di Kuta dan Ubud biasanya juga menjual perhiasan perak dari desa Celuk.

Produk kecantikan organik

Para bangsawan dan puteri asal Bali selalu tampak bersinar secara alami, bahkan sebelum ditemukannya produk atau perawatan kecantikan modern. Untuk menjaga kecantikannya ini, biasanya para bangsawan ini hanya menggunakan bahan-bahan organik dan alami. Hari ini, telah banyak merek lokal yang telah memasukkan rahasia kecantikan ini dan membungkusnya dalam paket yang cukup unik untuk dijadikan oleh-oleh khas Bali. Beberapa bahan umum yang digunakan adalah serai dan beberapa jenis bunga tradisional.

Produk kecantikan berbahan organik ini bisanya akan dapat Anda dapatkan dalam bentuk scrub, sabun, dan minyak. Pastikan untuk selalu memeriksa produk yang asli karena ada banyak produk tiruan yang tidak akan memberikan manfaat apapun selama setelah pemakaian. Untuk dapat memudahkan Anda, cobalah untuk mencari produk ini di beberapa sentral oleh-oleh khas Bali atau di beberapa supermarket ternama.

Dupa

Dupa adalah sejenis stick yang menghasilkan aroma aromatik saat dinyalakan. Bagi orang Bali, dupa bukan suvenir atau oleh-oleh belaka, tetapi bagian penting dari ritual keagamaan yang dilakukan sehari-hari oleh umat Hindu karena dupa ini juga sering dinyalakan untuk mengiringi persembahan dalam ritual keagamaan.

Jika hal itu tidak cukup memikat Anda, baunya yang harum mungkin akan membuat Anda ingin membelinya. Toko-toko tradisional biasanya akan menjual dupa yang dibuat khusus sebagai oleh-oleh khas Bali, dengan tambahan aroma yang dapat dipilih, seperti berbagai jenis bunga. Wisatawan dapat menemukan dupa ini di sebagian besar pasar dan jalan-jalan perbelanjaan seperti di Kuta atau Seminyak. Selain keharuman dan nilai unik didalamnya, Dupa juga memiliki harga yang sangat terjangkau dan mudah dibawa.

Sarung khas Bali

Sarung khas Bali adalah pilhan sempurna untuk digunakan selama hari-hari menyenangkan Anda di pulau Bali dan juga sebagai oleh-oleh khas Bali untuk teman dan keluarga Anda di rumah. Wisatawan dapat menggunakan sarung khas Bali sebagai lapisan sambil duduk di pantai berpasir yang indah di Bali atau menutupi kaki mereka ketika mengunjungi pura, seperti yang telah dipersyaratkan oleh adat.

Sarung khas Bali ini terbuat dari bahan yang ringan, sehingga mudah dibawa. Sarungnya juga dihiasi dengan berbagai pola dari desain tradisional hingga modern, menjadikannya suvenir pribadi yang bagus untuk semua orang. Untuk dapat memblinya, Anda juga akan dapat dengan mudah menemukannya di jalan-jalan area perbelanjaan di sekitar Kuta atau Seminyak.

Ukiran kayu

Hidup begitu dekat dengan alam, banyak penduduk Bali yang akhirnya menganut gaya hidup alami dan artistik, yang, untungnya akan memberi keuntungan besar bagi wisatawan yang akan dapat membawa pulang cenderamata indah dari bahan-bahan alami.

Ukiran kayu telah menjadi salah satu yang sangat populer di Bali, di mana bahannya berlimpah, dengan nilai seni yang dihargai secara global. Wisatawan dapat menemukan ukiran kayu dengan harga dan kualitas berapa pun, mulai dari suvenir generik yang murah hingga karya seni kelas atas. Jika Anda ingin mengincar oleh-oleh yang bernilai budaya, topeng barong atau tokoh kayu pengantin Bali adalah pilihan yang harus dipertimbangkan.

Gamelan

Instrumen gamelan tradisional yang sering terdiri dari xylophone bambu, metalofon perunggu, gong dan nyanyian khas Bali digunakan dalam banyak upacara di desa dan pura-pura di Bali.

Alasannya adalah karena alat musik ini menghasilkan musik yang begitu mempesona dan ritmis. Tentu saja, Anda akan punya opsi untuk dapat membeli CD untuk mengenang kembali musik ala Bali yang indah di rumah, tetapi bukankah akan lebih keren untuk membawa pulang alat gamelan tradisional Bali ke rumah Anda?

Jegog adalah salah satu instrumen yang dibuat dari bambu. Anda dapat mengikuti lokakarya untuk belajar memainkan instrumen dan bahkan membuat alat musik ini sendiri. Jika Anda ingin melihat lebih banyak instrumen gamelan Bali, kunjungi toko alat musik di wilayah Ubud atau langsung saja singgahi Desa Tihingan yang terletak di Klungkung, di mana sebagian besar instrumen gamelan ini dibuat oleh para pengrajin lokal di sana.

Artikel ini telah dibaca 833 kali

Baca Lainnya