Kuliner

Monday, 5 October 2020 - 12:02 WIB

2 months yang lalu

logo

Makanan Khas Karanganyar yang Wajib Anda Coba

Ketika anda berlibur ke Karanganyar, anda perlu mencoba makanan khas dari daerah ini yang rasanya didominasi oleh manis dan pedas. Berbagai makanan khas Kabupaten di jawa tengah ini akan mampu menggoyang lidah anda. Jawa Tengah memang merupakan salah satu Provinsi di Indonesia yang memiliki keanekaragaman makanan yang luar biasa banyaknya. Setiap daerah memiliki cita rasa masakan yang berbeda-beda sehingga jika anda melakukan kunjungan wisata di salah satu Kota atau Kabupaten di Provinsi ini maka anda perlu mencicipi kulinernya.

Jenis Makanan Khas Karanganyar

Terdapat sederet makanan khas di Karanganyar yang mungkin sulit anda temui di tempat lain. Berikut ini beberapa jenis makanan khas di Karanganyar yang tidak boleh anda lewatkan.

Sate Kelinci

Kelinci merupakan hewan yang sangat imut, mungkin anda tidak tega ketika ingin memakannya. Akan tetapi jangan salah, hewan berbulu ini memiliki cita rasa dan aroma yang sangat khas. Oleh karena hal tersebut, sate kelinci merupakan salah satu masakan yang banyak disukai orang. Banyak orang yang mengatakan bahwa ketika anda telah mencoba memakan sate kelinci makan sate dengan daging ayam atau kambing menjadi terasa biasa. Hewan kecil berbulu ini dagingnya sangat kenyal sehingga nikmat sekali ketika di buat sate.

Biasanya warga Karanganyar akan mengolah daging kelinci dengan bumbu kecap dan kacang, kemudian daging di bakar di atas arang sehingga menimbulkan bau yang akan menggugah selera makan kita. Dalam memasak daging kelinci ini, biasanya sebelum dipotong dan ditusuk menjadi sate, daging perlu rendam dengan air panas yang telah diberi perasan jeruk nipis. Hal ini dimaksudkan agar bau amis yang terdapat pada daging menjadi hilang serta bumbu yang diberikan menjadi lebih meresap.

Sate kelinci bisa anda dapatkan di daerah Tawangmangu, Kabupaten karanganyar. Di sini ada banyak sekali orang yang berjualan sate kelinci di pinggir jalan. Ia menjadi salah satu kuliner yang menjadi andalan daerah ini. Dagingnya yang rendah lemak dan dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah menjadi salah satu keunggulan lain dari masakan ini.

Sate Landak

Mungkin anda tidak akan menyangka bahwa ada orang yang akan menyate Landak. Tetapi jangan salah, sate landak merupakan salah satu masakan khas dari Karanganyar. Penyajiannya pun hampir sama dengan sate ayam, yaitu dengan bumbu kacang dan diberi lontong atau ketupat. Penjual sate landak juga banyak terdapat di daerah Tawangmangu, anda akan dengan mudah menemui sederetan pedagang sate landak di jalan yang ada di daerah ini.

Daging landak ini telah dipotong kecil-kecil dan di sate sehingga sudah tidak terlihat lagi tekstur landaknya. Dari segi rasa dan teksturnya, daging landak hampir mirip seperti daging ayam hanya saja memiliki tingkat kekenyalan yang sedikit lebih berbeda. Sate landak dijual dengan harga cukup murah disini, untuk satu porsinya sekitar 15 – 30 ribu rupiah.

Sate Buntel

Dulunya sate buntel dianggap sebagai makanan mewah untuk disajikan kepada para keluarga keraton. Sate buntel merupakan sate daging kambing yang dagingnya telah diolah terlebih dahulu. daging kambing dipotong dan digiling kemudian dibentuk menjadi buntelan setelah itu ditusuk dengan kayu sate. Di dalam daging ini juga dicampur dengan sebuah bumbu khusus sehingga rasa bumbunya sangat meresap sampai ke dalam.

Biasanya daging sate kambing cukup alot, akan tetapi setelah diolah dengan cara seperti ini maka daging sate kambing tadi menjadi empuk sehingga sangat nikmat untuk dinikmati. Bumbu yang disajikan bersama dengan sate ini pun tidak berbeda dengan sate kambing seperti biasanya, cita rasa pedas dan manis menjadi hal yang dominan. Sate buntel banyak dijual di sekitar Karanganyar, biasanya untuk satu porsi sate ini harganya sekitar 50 ribu rupiah. Harga ini termasuk wajar karena pengolahan dalam membuat sate ini jauh lebih sulit daripada sate kambing pada umumnya.

Timus

Bagi orang yang tidak tinggal di daerah Karanganyar dan sekitarnya, timus mungkin merupakan jenis makanan yang belum pernah anda cicipi. ini merupakan sebuah jajanan pasar yang dibuat dari ubi yang direbus hingga empuk dan kemudian diolah dengan bahan lainnya. Bahan campuran yang digunakan tersebut adalah gula dan tepung terigu. Ketiga bahan ini kemudian dicampur merata dan dibentuk menjadi bentuk lonjong yang ukurannya sekitar separuh kepalan tangan. Setelah adonan terbentuk, timus digoreng hingga berwarna kecoklatan. Rasa makanan khas Karanganyar ini cukup enak dan mengenyangkan. Timus mudah didapatkan di pasar tradisional yang ada di Karanganyar, harganya pun sangatlah murah sekitar lima ratus hingga seribu rupiah saja per bijinya.

Grubi

Makanan satu ini cukup terkenal di Karanganyar dan seringkali digunakan untuk oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke kota ini. Makanan ini dibuat dari ketela rambat, kelapa dan gula jawa sehingga memiliki rasa yang cukup manis. Grubi merupakan makanan yang memiliki harga murah dan banyak dijual di pasar serta toko oleh-oleh yang ada di kota ini.

Selain membelinya, sebenarnya makanan ini sangat mudah lho untuk dibuat sendiri. Anda hanya perlu memarut kelapa dan ketela rambat dan kemudian mencampurkannya dengan gula. Setelah ketiga bahan tadi tercampur, bentuk menjadi bulat dengan ukuran yang sesuai dengan selera anda. Setelah selesai dibentuk, goreng adonan tadi pada api sedang hingga berwarna kuning kecoklatan. Tidak terlalu sulit bukan untuk membuat Grubi ini.

Itulah beberapa makanan khas Karanganyar yang perlu anda coba ketika anda berwisata ke kota ini. Kelima kuliner ini akan sulit anda dapatkan di daerah lainnya.

 

Artikel ini telah dibaca 184 kali

Baca Lainnya