Kuliner

Wednesday, 8 May 2019 - 12:08 WIB

1 year yang lalu

logo

Mengeksplorasi Tempat Makan Enak di Surabaya, Kota Pahlawan

Menyebut Jawa Timur pasti tidak akan melupakan ibukota provinsi tersebut, yakni Surabaya. Disebut sebagai kota pahlawan, Surabaya juga merupakan surga kuliner.

Banyak tempat makan di Surabaya yang menawarkan kuliner-kuliner khas kota tersebut. Untuk itu, artikel kali ini akan merangkum tempat-tempat kuliner paling recommended di Surabaya untuk kamu yang hendak bertandang ke sana.

Soto Ayam Lamongan Cak Har

Lho, kok Lamongan? Itu karena Cak Har, atau perintis usaha kuliner ini, berasal dari Lamongan, Jawa Timur. Beliau kemudian membuka usaha warung soto di Surabaya dan sukses hingga memiliki banyak cabang di beberapa kota. Seporsi nasi soto di sini dibanderol Rp. 20.000,- yang relatif terjangkau untuk kuliner di kawasan Surabaya. Warung pusatnya sendiri berada di Jalan Arif Rahman Hakim, Keputih, Sukolilo, Surabaya.

Apa sih keunikan soto di sini sampai membuatnya begitu populer dan membuat kangen penggemarnya? Pertama, kuah sotonya yang bening terasa segar di tenggorokan. Cocok dikonsumsi pada segala cuaca, baik hujan maupun panas terik. Kedua, daging ayamnya empuk dan konsumen juga bebas memilih daging bagian mana yang diinginkan, dada, sayap, bahkan jeroan. Ketiga, koya soto yang menambah kesedapan dari sajian soto yang satu ini.

Rawon Setan

Jangan bergidik dulu hanya karena mendengar nama warung yang berlokasi di Jalan Embong Malang No. 78/I, Genteng, Surabaya. Warung milik Mbak Endang ini sangat legendaris, lho. Disebut rawon setan bukan karena rasa pedas yang menyengat, melainkan dulu saat pertama beroperasi, kedai buka mulai malam hari pukul 22.00 WIB sampai pagi. Tapi sekarang sudah buka mulai pagi hingga malam hari, kok.

Meski namanya menyeramkan, tapi kamu wajib mencicipi kuliner yang satu ini. Bumbu rempah dari kuah rawon di sini sangat terasa sehingga membuat ketagihan. Tempat makan di Surabaya yang satu ini juga tidak pelit untuk urusan daging karena potongan daging sapi yang disajikan berukuran besar-besar. Untuk menambah kesegaran serta kenikmatan cita rasanya, rawon disajikan bersama taburan tauge. Kamu hanya perlu membayar Rp. 25.000,- saja untuk menikmati seporsi nasi rawon di sini.

Nasi Goreng Jancuk

Nama kedai yang berlokasi di Restoran Hotel Surabaya Plaza, Jalan Pemuda 33-37, Surabaya, ini memang agak membuat mengernyit karena kata tersebut sejatinya merupakan umpatan khas Jawa Timur. Tapi kamu belum ke Surabaya kalau tidak menyantap nasi goreng yang satu ini. Harga per porsi Nasi Goreng Jancuk adalah Rp. 150.000,-. Mahal? Tidak, karena per porsinya berukuran big size dan dapat dinikmati 6-7 orang dewasa.

Kalau mampir kemari, kamu wajib berstatus penyuka pedas atau minimal bisa mengonsumsi makanan pedas karena tingkat kepedasan nasi goreng di sini sangat menguji nyali. Tetapi tidak sekadar pedas, cita rasa nasi goreng yang satu ini sangat khas berkat irisan daging ayam, udang cincang, daging kepiting, dan terasi yang digoreng bersama nasi hingga menghasilkan nasi goreng yang begitu menggugah selera.

Sate Klopo Ondomohen

Sate Klopo maksudnya adalah Sate Kelapa. Tapi, bukan berarti satenya terbuat dari daging kelapa. Kuliner khas Surabaya ini sudah ada sejak zaman Belanda, lho. Meski saat ini sudah banyak yang menjual, tapi rasa yang paling otentik dan lezat hanya bisa didapatkan di Sate Klopo Ondomohen, Jalan Walikota Mustajab No. 36, Surabaya, sebab kedai inilah pelopor lahirnya sate klopo.

Pilihan daging yang diolah menjadi potongan sate tusuk di sini ada daging ayam, sapi, jeroan, atau udang. Daging tersebut kemudian dibumbui sebagaimana sate pada umumnya, tapi ditambahkan dengan parutan kelapa sangrai sehingga memberi rasa unik dan gurih yang berbeda. Dagingnya pun diiris tebal-tebal sehingga pembeli pasti merasa puas. Satu porsi Sate Klopo Ondomohen bisa kamu dapatkan dengan harga Rp. 20.000,- saja.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Kamu pasti pernah mendengar tentang kemasyhuran kuliner lontong balap khas Surabaya, ‘kan? Tempat makan di Surabaya yang paling direkomendasikan untuk menikmati kuliner satu ini adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut di Jalan Kranggan No. 60, Sawahan, Surabaya. Seporsinya dibanderol sangat murah, hanya Rp. 12.000,- saja. Pengelolaan warung saat ini sudah mencapai ke generasi keempat, lho.

Seporsi lontong balap di sini berisi lontong, tauge, tahu goreng, lentho atau tempe goreng rempah berbentuk bulat, dan kuah segar. Disajikan dengan taburan bawang goreng, kecap, serta sambal. Tidak ada minuman yang paling tepat untuk mendampingi lontong balap selain es degan atau es kelapa muda. Dan, akan lebih lezat lagi jika menambah lauk sate kerang yang juga khas Jawa Timur.

Es Krim Zangrandi

Suhu udara di Surabaya relatif panas meski saat ini sudah tidak semenyengat dahulu. Untuk mengatasinya, kamu bisa berkunjung ke Kedai Es Krim Zangrandi yang berada di Jalan Yos Sudarso No. 15, Embong Kaliasin, Genteng, Surabaya. Tempat makan di Surabaya yang satu ini termasuk legendaris karena sudah beroperasi sejak tahun 1930 dan menyajikan es krim dengan resep asli Italia.

Kalau ingin menu dengan rasa khas Zangrandi, bisa memilih tiga pilihan rasa, yaitu Tutti Frutti, Soda, atau Macedonia. Ketiga menu tersebut diolah dengan resep tempo dulu yang sangat orisinal. Sedangkan untuk varian es krim modern ada Love Deal dan Banana Split. Seporsi es krim di sini dipatok dengan harga mulai Rp. 15.000,- saja. Selain menikmati es krim, melalui desain interior kedai, kamu juga dapat bernostalgia dengan kenangan Surabaya tempo dulu.

Depot Bu Rudy

Kamu mungkin sudah tidak asing dengan Sambal Bu Rudy Surabaya yang terkenal itu. Faktanya, Bu Rudy tidak hanya memproduksi sambal yang diperjualbelikan secara online ke seluruh Indonesia, tetapi juga memiliki sebuah kedai yang menawarkan aneka menu masakan khas Surabaya. Salah satu menu yang paling laris di sini adalah menu nasi empal atau daging gepuk yang disajikan bersama aneka pilihan sambal khas Bu Rudy.

Seporsi nasi empal dihargai Rp. 20.000,- di rumah makan yang berlokasi di Jalan Dharmahusada No. 140, Surabaya, tersebut. Selain menjual makanan siap santap, di sini kamu juga dapat membeli aneka oleh-oleh hasil racikan Bu Rudy, termasuk sambal-sambalnya yang termashyur itu. Ada sambal bawang, sambal ikan peda, dan sambal terasi, yang dikemas dalam jar kedap udara dan aman dibawa bepergian.

Rujak Cingur Delta

Kuliner yang juga khas dari Surabaya adalah rujak cingur. Kalau kamu ingin mencicipi rujak cingur yang paling enak di kota pahlawan ini, datang saja ke Rujak Cingur Delta yang berada di Jalan Kayon Blok-D No. 46, Embong Kemiri, Surabaya. Seporsi rujak cingur di sini dibanderol Rp. 30.000,- yang sesuai dengan kenikmatannya.

Rujak cingur di tempat makan di Surabaya yang satu ini memiliki isian lontong, tauge, kangkung, tahu dan tempe goreng, mangga muda atau pencit, kedondong, dan nanas. Tentu tidak lupa pula tambahan cingur atau lidah sapi. Kombinasi tersebut kemudian dinikmati dengan siraman bumbu rujak yang terbuat dari ulekan petis udang, cabai rawit, kacang, dan air.

Artikel ini telah dibaca 357 kali

Baca Lainnya