Liburan

Friday, 2 October 2020 - 14:50 WIB

9 months yang lalu

logo

Museum Biji dan Herbarium di Bogor

Bagi anda yang tinggal di sekitar Bogor, anda bisa menghabiskan libur akhir pekan anda dengan mengunjungi Museum Tanaman. Berkunjung ke sebuah museum selain menyenangkan, juga dapat menambah pengetahuan anda. Anda dapat melihat keanekaragaman tanaman yang ada di negara kita. Ada dua museum tanaman yang terdapat di Bogor yaitu Museum Biji dan Herbarium serta Museum Etnobotani Indonesia. Kedua museum ini berada di daerah yang berdekatan, yaitu di sekitar Kebun Raya Bogor di Jl Ir. H. juanda. Nah pada kesempatan ini saya akan membahas lebih detail mengenai Museum Biji dan Herbarium.

Museum Biji dan Herbarium

Keberadaannya nyaris luput dari daftar tujuan wisata yang ada di Bogor. Hal itu disebabkan banyak orang yang tak mendapatkan informasi tentang museum yang berada di Bogor ini. Bukan karena kurangnya promosi, melainkan karena banyak yang kurang peduli dengan manfaat museum. Hanya peneliti dan mereka yang sedang mengerjakan tugas sekolah yang intens mengunjungi museum tanaman ini.

Padahal museum dibangun bukan untuk periset yang sedang melakukan observasi saja. Kita yang ingin menambah pengetahuan tentang tanaman juga bisa berkunjung kesana. Jika berniat datang ke Museum Biji dan Herbarium, kita mesti masuk ke Kebun Raya Bogor (KBR). Museum ini memang berada di kawasan hutan kota yang asri itu.

Masuk museum memang gratis, namun kita mesti membayar tiket masuk ke kebun raya. Biaya masuk kebun raya Bogor juga tidaklah mahal, hanya 14 ribu rupiah saja. Dengan harga tiket segitu anda sudah bisa menikmati berbagai fasilitas yang ada di kawasan wisata ini, salah satunya adalah berkunjung ke Museum Biji dan Herbarium.

Tidak sulit untuk menemukan Museum Biji dan Herbarium ini. Setelah melewati gerbang utama Kebun Raya Bogor, belok kanan. Jalan kaki akan terasa nyaman karena kita bisa sekaligus menikmati rimbunnya pepohonan yang menaungi sepanjang jalan. Dari gerbang utama menuju lokasi butuh waktu sekitar 20 menit perjalanan. Ikuti saja petunjuk arah selama perjalanan anda tersebut.

Di dalam rumah sederhana, kita disuguhi banyak informasi tentang tanaman tropis dan pendidikan lingkungan. Semua dikemas dalam bentuk herbarium berupa daun, bunga, jamur, kayu, biji, buah dan spora. Semua spesimen yang ada disini tertata dengan sangat baik dan lengkap dengan informasi secara lengkap mengenai spesimen tersebut.

Apa Saja yang ada di Museum Biji dan Herbarium ?

Sebelum mengunjungi ke museum ini, anda tentu ingin mendapatkan informasi apa saja yang bisa anda lihat. Berikut ini akan saya rangkum beberapa hal yang bisa anda lihat di dalam museum Biji dan Herbarium ini.

Puluhan Kayu yang Tertata Rapi

Ketika anda baru memasuki ke dalam museum ini, anda akan memasuki sebuah lorong. Di bagian sebelah kiri lorong museum tanaman ini dipamerkan banyak potongan kayu. Puluhan contoh kayu itu dipilah dari seluruh jenis kayu yang ada di Indonesia. Puluhan kayu ini tertata dengan sangat rapi sehingga cukup menarik juga untuk diabadikan dalam sebuah foto. Selain menginformasikan jenis kayu, kita juga diingatkan akan pentingnya memelihara hutan. Memang upaya melestarikan hutan itu tidaklah mudah. Butuh kepedulian dan aksi nyata agar tumbuhan tetap terpelihara.

Awetan Tanaman Basah dan kering

Di sebuah ruangan khusus ada berbagai macam koleksi tanaman yang telah diawetkan. Semuanya disimpan di dalam toples berukuran kecil hingga besar, tergantung jenisnya. Toples tersebut diisi cairan khusus agar spesimen tumbuhan tahan lama dan bisa terus dijadikan objek penelitian. Yang ada di dalam toples bening tersebut adalah bunga, akar dan biji.

Selain berupa awetan basah, museum ini juga memiliki tanaman yang telah diawetkan secara kering atau yang biasa disebut herbarium. Awetan kering ini dibuat melalui sejumlah proses, dimulai dari pengeringan dan pengepresan, dilanjutkan dengan pelabelan, pendinginan sampai penyimpanan.

Salah satu koleksi yang menarik adalah labu sayur yang telah diawetkan secara kering. Sejenis labu yang buah mudanya dapat disayur dan buah tuanya bisa dijadikan wadah air dan kantung hias. Ada berbagai bentuk labu sayur awetan yang ada disini, bentuk buahnya bervariasi mulai dari bulat hingga lonjong. Ada yang berukurannya cukup besar, hingga diameternya mencapai sekitar 1 meter. Deretan labu sayur dengan berbagai bentuk ini menjadi salah satu spot foto yang cukup menarik, apalagi bagi anda yang menyukai tentang tanaman.

Ada pula awetan buah masa yang bentuknya bulat, buah satu ini berguna untuk menyembuhkan penyakit kulit dan memar. Di dunia barat, buah maja dimanfaatkan untuk pengobatan gangguan pernafasan, sakit perut dan gangguan usus. namun jangan sekali-kali memakan buah maja, sebab beracun. Buah maja juga sangat terkait erat dengan salah kerajaan terbesar yang pernah berdiri di Nusantara, yaitu Majapahit.

Biji dari Berbagai Tanaman di Indonesia

Sesuai dengan nama museum ini, disini terdapat ribuan atau mungkin puluhan ribu koleksi biji dari tanaman yang ada di Indonesia. Setiap biji di beri keterangan tentang tanaman yang menghasilkannya serta dimana ia biasanya tumbuh. Biji-biji yang dikoleksi di museum ini merupakan hasil yang telah dikumpulkan selama puluhan tahun lamanya. Biji yang ada disini merupakan sebuah bukti bahwa negeri kita memiliki kekayaan hayati yang luar biasa banyaknya.

Itulah beberapa hal yang bisa anda nikmati ketika anda berkunjung ke museum ini. Sebagai sumber informasi pendidikan lingkungan dan pariwisata, Museum Biji dan Herbarium sangatlah penting. Mati kita ajak keluarga kita untuk bersenang-senang sambil mengenal berbagai jenis tanaman asli Indonesia yang ada di museum ini. Anda dapat menambah ilmu pengetahuan anak anda, serta membuatnya menjadi tambah bersemangat dalam mempelajari tanaman.

Artikel ini telah dibaca 1411 kali

Baca Lainnya