Liburan

Wednesday, 7 October 2020 - 14:08 WIB

7 months yang lalu

logo

Museum Zoologi Bogor, Wisata Ilmiah yang Menyenangkan

Jika anda sedang berwisata ke Bogor, ada sebuah museum yang sangat menarik untuk anda kunjungi. Museum tersebut adalah Museum Zoologi, disini banyak sekali koleksi awetan binatang yang berasal dari seluruh daerah Indonesia. Dengan berkunjung ke museum ini anda akan semakin mengetahui betapa kayanya bangsa Indonesia terhadap keanekaragaman fauna yang dimilikinya.

Melakukan kunjungan ke Museum Zoologi selain dapat menambah pengetahuan anda juga merupakan kegiatan yang menyenangkan. Foto-foto yang keren pun bisa anda dapatkan, misalnya anda berfoto dengan latar belakang kerangka gajah yang berukuran besar.

Sejarah Museum Zoologi

Kisah museum zoologi yang terletak di kawasan kebun Raya Bogor cukup terkenal di kalangan masyarakat Sekitarnya. Museum ini bermula dari aktivitas penelitian seorang ahli zoologi pertanian Belanda yang bernama DR. Konigsberger pada tahun 1894. Berger melakukan penelitian mengenai hama dan penyakit tanamman pertanian yang disebabkan oleh binatang. Dia menekuni penelitiannya tersebut secara seksama di dalam garasi bekas tempat penyimpanan kereta kuda yang disulapnya menjadi laboratorium.

Aktivitas di garasi itu menimbulkan decak kagum pakar bidang pertanian dan pemerintah, karena Berger berhasil membuat spesimen zoologi golongan serangga. Koleksi serangganya itu diawetkan dan disusun rapi dalam berbagai jenis gelas silinder dan diberi kode tertentu. Beberapa serangga yang lain dikeringkan dengan cara menempelkannya pada kertas filter. Untuk memudahkan pencarian, Berger membuat katalog setiap nama serangga yang diurut sesuai abjad.

Dari sana penelitian terus berlanjut hingga terbesit keinginan untuk mendirikan sebuah museum yang menampung berbagai hewan penelitiannya. Tujuannya agar masyarakat pahala jenis-jenis binatang di Indonesia dan sebarannya. Tahun 1901 gedung museum ini selesai dibangun dan diberi nama Landbouw Zoologist Museum. Dalam perkembangannya, museum ini beberapa kali berganti nama hingga saat ini bernama Museum Zoologi bogor.

Museum yang pada awal berdirinya memiliki lambang komodo ini saat ini dibawah naungan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Tujuan utama didirikannya museum ini adalah untuk melestarikan fauna nusantara dalam bentuk awetan dan replika, memberikan pelayanan pengetahuan umum serta menjadi sarana bagi para peneliti di Indonesia.

Keberadaan museum ini juga digunakan untuk menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia merupakan sebuah negara yang kaya akan keanekaragaman faunanya. Terdapat lebih dari 10.000 spesimen awetan binatang yang dipamerkan di dalam museum ini. Semuanya terawat dan dikelola dengan sangat baik.

Apa saja yang Ada di Museum Zoologi Bogor ?

Kalau kita ingin mengetahui lebih jauh binatang-binatang apa saja yang menghuni Nusantara, museum zoologi merupakan tempat yang tepat untuk dikunjungi. Dalam penjelajahan, kita akan dimanjakan dengan koleksi awetan hewan yang ditata dengan rapi. Koleksi awetan ini dibagi dalam berbagai golongan dan disusun berdasarkan subjeknya. Ada golongan mamalia, ikan, burung, serangga, moluska, reptil dan amfibi. Setiap golongan diwakili berbagai binatang awetan lengkap dengan informasi profilnya yang meliputi nama spesies, tempat hidup, ukuran, sampai kolektor penyumbangnya.

Banyak kerangka binatang berukuran besar yang terdapat di museum ini sehingga menjadi salah satu spot foto yang paling menarik bagi para pengunjung tempat ini. Berfoto dengan kerangka gajah, badak ataupun macan yang berukuran besar akan terlihat bagus sekali. Itu akan menjadi kenangan berharga bagi anda yang pernah berkunjung ke tempat wisata ini.

Banyaknya ragam binatang yang ada di museum ini tak lepas dari usaha keras yang dilakukan pengelolanya. Sejak awal, pengelola Museum Zoologi memang berupaya membina koleksi fauna selengkap mungkin lewat berbagai cara, seperti ekspedisi ilmiah dan bekerja sama dengan instansi dari luar negeri saat mereka melakukan ekspedisi di Indonesia. Cara lain yang juga dilakukan adalah dengan membeli dari pada kolektor perorangan dan menerima sumbangan dari masyarakat.

Koleksi fauna Indonesia yang ada di Museum Zoologi ini telah menarik minat banyak warga asing untuk bertandang, mulai dari para peneliti, tokoh internasional dari berbagai cabang zoologi hingga wisatawan biasa. Jadi jangan kaget bila saat anda berkunjung ke museum ini, anda justru lebih menemukan banyak wisatawan asing daripada lokal.

Jika orang asing saja sangat tertarik dengan museum yang pernah terbakar pada tahun 1954. Kita yang dekat dengan fauna-fauna menakjubkan ini, mestinya menaruh lebih banyak perhatian. dari besarnya perhatian diharapkan akan muncul kepedulian dan rasa cinta terhadap fauna nusantara. Setelah itu kita bisa melanjutkannya dengan cara melestarikan fauna-fauna tersebut sehingga tidak mengalami kepunahan.

Harga Tiket Masuk

Museum zoologi masih masuk di dalam kompleks Kebun Raya Bogor, yaitu terletak di Jl. Ir. Juanda, Bogor. Untuk masuk ke museum ini sebenarnya tidak dikenakan biaya. Hanya saja anda harus membayar tiket masuk ke Kebun Raya Bogor sebesar 14 ribu rupiah per orangnya. Tiket tersebut sudah termasuk semua tujuan rekreasi yang ada di Kebun Raya Bogor, sehingga tergolong tidak terlalu mahal.

Di Kebun Raya Bogor ini juga banyak sekali tempat wisata ilmiah yang bisa anda kunjungi. Salah satunya adalah Museum Biji dan Herbarium yang letaknya juga masih di dalam kawasan wisata satu ini. Di Museum Biji dan Herbarium ini anda bisa melihat keanekaragaman tanaman yang ada di Indonesia.

Museum zoologi buka setiap hari, pada hari senin hingga jumat ia buka dari jam 07.30 hingga 16.00 WIB. Sedangkan pada hari sabtu dan minggu, museum ini buka dari pukul 08.00 hingga 16.00 17.00 WIB. Museum ini merupakan salah satu tempat wisata ilmiah terbaik yang ada di Kota Bogor. Ia menjadi tempat wisata yang dapat mencerdaskan keluarga anda.

Artikel ini telah dibaca 1824 kali

Baca Lainnya