Liburan

Monday, 21 September 2020 - 13:33 WIB

8 months yang lalu

logo

Pantai Sepanjang Jogja yang Masih Sangat Alami

Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta memiliki banyak jejeran pantai yang sangat indah. Salah satu pantai yang saya rekomendasikan adalah Pantai Sepanjang, disini suasananya masih sangat alami. Pantai ini terlihat masih sangat alami karena masih jarangnya wisatawan yang berdatangan kemari.

Pesona pantai ini sungguh memikat para pengunjung yang datang. Terdapat hamparan pasir putih yang sangat luas, sehingga suasananya seperti pantai kuta jaman dulu. Bentuk topografinya memang sedikit mirip dengan pantai kuta, yang kini telah berkembang menjadi pusat pariwisata di Indonesia.

Keistimewaan Pantai Sepanjang

Sesuai dengan namanya, pantai sepanjang memiliki panjang yang sangat luas. Sehingga anda akan bisa sangat puas ketika bermain di sekitar pantai ini. Pasir putih terpampang sangat jauh sampai beberapa kilometer jauhnya. Bisa dibilang pantai ini adalah yang paling panjang di sekitar Jogjakarta. Pasir putih yang terdapat disini relatif bersih dan masih minim sampah. Hal itu disebabkan kawasan wisata ini masih relatif sepi pengunjung.

Selain dari panjangnya pantai, disini anda bisa berburu biota laut. Jika anda membawa jaring kecil dari rumah, anda bisa mendapatkan ikan hias laut, bintang laut ataupun kerang-kerangan. Biasanya biota laut ini banyak ditemukan di sekitar karang pada waktu sore hari. Biota laut ini bisa menjadi cinderamata untuk dipelihara di rumah anda.

Di dekat pantai sepanjang ada sebuah situs banyusepuh yang bersejarah. Konon, situs ini merupakan tempat yang digunakan oleh para wali untuk mencuci senjata pusaka yang mereka gunakan. Sayangnya, karena kurangnya perawatan terhadap situs ini membuat air yang ada di dalamnya cenderung kotor. Di sekeliling situs juga saat ini banyak ditumbuhi rumput liar sehingga rasanya kurang layak untuk dijadikan obyek wisata.

Hal paling menyenangkan yang bisa dilakukan di pantai sepanjang adalah bersantai di pinggir pantai sambil melihat ombak yang kencang. Anda bisa juga membeli sebuah kelapa muda yang banyak dijual oleh warga sekitar. Menikmati kelapa bersama pacar atau sahabat di pantai sepanjang dengan beralaskan tikar sungguh nikmat lho.

Lokasi Pantai Sepanjang

Lokasi pantai sepanjang tidak terlalu sulit untuk diakses. Sayangnya, tidak ada kendaraan umum yang berjalan ke tempat ini sehingga anda harus menggunakan kendaraan pribadi. Masalah minimnya kendaraan umum ini juga merupakan salah satu faktor yang perlu dibenahi oleh pemerintah provinsi Yogyakarta. Hal itu dikarenakan, walau banyak sekali obyek wisata di provinsi ini, akan tetapi kebanyakan tidak ada kendaraan umum yang bisa mengakses obyek wisata tersebut.

Oleh karena itu, anda perlu menyewa kendaraan jika tidak memiliki kendaraan pribadi yang dibawa di Kota Yogyakarta. Disini banyak juga yang menyewakan kendaraan bermotor ataupun mobil yang bisa anda gunakan untuk berlibur. Biasanya untuk menyewa motor tarifnya sekitar 50 ribu untuk sehari, syarat yang dibutuhkan biasanya meninggalkan ktp dan fotocopy SIM.

Pantai Sepanjang membutuhkan waktu tempuh sekitar 1,5 jam dari kota Yogyakarta. Kondisi jalan menuju kesini sudah halus, sehingga dapat dilewati dengan mudah oleh mobil atau motor. Pantai yang terletak di Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul ini berada tidak jauh dari Pantai Kukup. Anda bisa berkunjung kesana setelah anda puas bermain di Pantai Sepanjang.

Rute Jalan ke Pantai Sepanjang

Jika anda baru pertama kali menuju ke pantai ini, anda bisa menggunakan aplikasi google map yang ada di handphone aja. Hanya saja, terkadang sinyal yang didapatkan kurang begitu bagus di daerah ini. Sepengetahuan saya, hanya kartu telkomsel saja yang memiliki sinyal cukup baik di sekitar pantai Gunung Kidul ini. Oleh sebab itu, sebaiknya anda menggunakan kartu telkomsel, agar tidak terjadi kendala kehilangan sinyal yang bisa berakibat nyasanya anda di jalan.

Jika berangkat dari Yogyakarta, anda perlu melalui Wonosari untuk menuju ke arah Pantai Baron. Dari pantai baron ini anda akan bertemu dengan sebuah pertigaan yang tertulis beberapa pantai lain yang ada di daerah sini. Anda perlu belok kiri untuk menuju ke arah pantai sepanjang dan setelah beberapa kilometer anda akan menemukan sebuah papan nama bertuliskan Sepanjang yang berwarna merah.

Selain melalui pantai baron, ada juga rute lain yang lewat Pantai Indrayanti di sebelah timur. Caranya adalah ketika sampai di Kota Wonosari, anda belok kekiri ketika sampai pertigaan Mulo. Setelah itu anda akan sampai ke deretan pantai-pantai yang ada di timur Gunung Kidul, seperti indrayanti, Krakal dan kemudian Sepanjang.

Anda bisa juga lewat dari daerah Bantul, jalur yang diambil melalui Purwosari. Setelah itu, anda perlu berjalan menyusuri jalan Panggang yang akan tembus ke deretan pantai selatan Pulau Jawa. Anda masih berjalan lurus terus setelah melewati daerah Saptosari, yang merupakan lokasi Pantai Ngobaran dan Nguyahan. Begitu sampai pertigaan pantai baron, anda belok kanan sehingga sampailah anda di Pantai Sepanjang.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki kawasan pantai Gunung Kidul, anda akan dikenakan tiket masuk 10 ribu rupiah per orangnya. Tiket masuk ini berlaku tidak hanya untuk Pantai Sepanjang saja, tetapi juga pantai lainnya yang ada di sekitarnya, misalnya Krakal. Tidak ada jam operasional yang berlaku di kawasan wisata ini, artinya anda bisa bermain di sekitar sini selama apapun yang anda mau. Bahkan banyak juga orang yang menginap di sekitar pantai menggunakan tenda yang dibawanya dari rumah. Camping di pantai ini juga merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan jika dilakukan beramai-ramai.

Hanya saja untuk pulangnya, diusahakan jangan terlalu malam ya. Karena daerah pantai Gunung Kidul ini memiliki penerangan jalan yang sangat minim sehingga akan sangat beresiko jika anda nekat berjalan di tengah malam. Oleh karena itu, saya sarankan anda menginap saja di sekitar pantai ini jika ingin berlama-lama menghabiskan waktu disini. Selain menginap di tenda, di sekitar pantai ini juga banyak tersedia penginapan murah dengan harga sekitar 100 hingga 200 ribu per malam. Sayangnya saya tidak mengetahui bagaimana kualitas dan kebersihan yang dimiliki penginapan yang ada disini karena belum pernah mencobanya secara langsung.

Artikel ini telah dibaca 2793 kali

Baca Lainnya