Liburan

Monday, 21 September 2020 - 10:39 WIB

8 months yang lalu

logo

Taman Bunga Cihideung, Tempat Rekreasi Keluarga di Bandung

Pesona Kota Bandung beserta destinasi wisatanya tak perlu lagi diragukan, Taman Bunga Cihideung misalnya. Kawasan ini menjanjikan panorama eksotis nan elok, dengan padang bunga sebagai daya tarik utamanya.

Berada tepat di Cimahi, Bandung, Jawa Barat, tempat ini juga dikenal sebagai salah satu pusat budidaya dan penjualan bunga beraneka ragam. Kota Kembang, tampaknya memang sesuai disematkan pada daerah ini.

Wisata Taman Bunga Cihideung

Jika berniat mengunjunginya, Taman Bunga Cihideung berlokasi di daerah Parongpong. Cihideung juga menjadi pemasok utama bunga yang dijajakan di banyak sudut Kota Bandung.

Banyak sudut wisata yang bisa Anda lewati untuk sekedar memanjakan pandangan atau berfoto bersama orang terdekat. Cobalah melewati jalan dengan gerbang berbentuk hari di atasnya.

Gerbang berbentuk hati berhias bunga berdiri berjejer dalam satu jalan setapak. Ingin pemandangan unik lain, ada sungai kecil dengan padang bunga di kedua sisinya.

Masuk ke rumah kaca juga tidak bisa Anda lewatkan. Ada ratusan tanaman unik yang dibudidayakan di sini. Selain itu, taman air mancur yang dikelilingi bunga dengan pola labirin kecil juga menjadi spot foto favorit.

Ada beragam jenis bunga yang mudah Anda temui di sini mulai dari tanaman hias, sampai tanaman potong. Tanaman hias adalah favorit pelancong untuk dibawa pulang. Sementara tanaman potong lebih digunakan untuk dekorasi.

Pemerintah setempat sendiri telah menobatkan Taman Bunga Cihideung sebagai taman bunga terbesar di Kabupaten Bandung.

Bukan karena luasnya saja, melainkan jenis tanaman yang lengkap baik sebagai koleksi atau sekadar penghias. Bisa dikata, kawasan ini adalah surga bagi para pecinta bunga.

Taman Bunga Cihideung berdiri di lahan seluas 50 hektar dengan budidaya bunga pelbagai jenis, warna dan ukuran. Tak perlu ragu soal kualitasnya karena perawatan yang dilakukan oleh profesional.

Objek wisata ini, juga berdiri di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut. Jadi sudah pasti, Taman Bunga Cihideung menawarkan panorama memukau dari gunung dan pepohonan hijau.

Untuk menyambangi kawasan ini, Anda hanya perlu menempuh jarak sejauh 18,5 km dari Kota Bandung atau sekitar 45 menit dengan kendaraan bermotor. Alamat berlokasi di Desa Cihideung, Porongpong , Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Berburu Tanaman Hias di Taman Bunga Cihideung

Bagi warga Bandung, Taman Bunga Cihideung adalah surga bagi penggemar bunga untuk berburu tanaman hias. Selain varian yang lengkap, harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Bunga dengan wadah pot kecil, bonsai, atau mawar misalnya dengan mudah ditemui di sini. Anda yang gemar merawat tanaman, mungkin akan sedikit bingung melihat pilihan yang tersedia. Harganya bervariasi mulai dari puluhan ribu hingga jutaan ribu rupiah.

Nominal bisa tergantung jenis dan ukuran yang ditawarkan. Bagi pemula, jangan ragu meminta tips perawatan kepada pedagang setempat. Mereka bisa memberi pupuk atau rekomendasi perawatan yang baik.

Beberapa bunga terkenal lain macam anggrek, melati, Bougenville hingga tulip juga tumbuh subur di kawasan ini. Seluruh jenisnya, bisa diperoleh dengan membeli langsung.

Untuk mawar misalnya, Anda perlu merogoh kocek setidaknya Rp 25.000 untuk satu pot tanaman. Tak hanya itu, Anda mungkin mendapat pot ekstra jika membeli dalam jumlah banyak.

Bonsai menjadi salah satu tanaman yang paling mahal hingga mencapai puluhan juta rupiah. Hal ini lantaran bibit dan perawatannya yang cukup sulit dengan harga yang tinggi.

Jangan ragu untuk tawar-menawar karena pedagang di daerah ini cukup fleksibel dalam mematok harga. Terlebih bila Anda membeli dalam jumlah banyak pasti akan mendapat potongan harga.

Cobalah untuk berkeliling terlebih dulu dan melihat setiap jenis tanaman. Tujuannya, agar Anda bisa menentukan tanaman hias terbaik dengan harga yang sesuai. Banyak pedagang di sekitar lokasi yang bisa membantu Anda dalam transaksi harga.

Sebelum itu, Anda juga bisa meminta saran pedagang terkait jenis yang Anda senangi, kemudahan perawatan yang juga disesuaikan dengan kondisi hunian.

Sebagai sentra dan pemasok utama, hampir 80% warga di daerah ini bekerja sebagai petani tanaman hias. Budidaya tanaman hias kemudian menjadi salah satu penopang ekonomi di kabupaten ini. Termasuk Desa Cihideung yang mengandalkan jual beli tanaman sebagai sumber pendapatan.

Harga Tiket Masuk

Jika tertarik mengunjungi Taman Bunga Cihideung, tiket masuk yang harus dibayarkan sebesar Rp 5.000. Harga yang relatif murah untuk menikmati seluruh fasilitas dan mengambil gambar secara bebas.

Jam operasional dibuka sejak pukul 08.00 hingga pukul 17.00 WIB setiap hari yakni Senin-Minggu. Untuk fasilitas pendukung untuk publik tersedia mushola, taman sayur, taman bunga, taman pembibitan, warung makan juga toilet yang memadai.

Taman Bunga Cihideung, mungkin adalah rekomendasi taman bunga terbaik karena menjadi yang terbesar dan terlengkap di Bandung.

Pemandangan alam yang menakjubkan di atas puncak dengan bermacam desain taman estetik. Bukit, taman rindang, hingga sawah menjadi pemandangan tambahan yang terlihat sangat asri.

Kawasan ini juga menjadi favorit bagi pasangan untuk foto pre wedding. Pelbagai sudut taman tampil rapi dan penuh warna.

Jika ingin menemukan waktu kondusif saat berlibur, ada baiknya untuk menghindari kunjungan di hari libur karena ledakan pengunjung. Kondisi ini mungkin akan menyulitkan Anda mengambil gambar nantinya.

Mematuhi prosedur dari pengelola adalah cara paling bijak berlibur di wisata alam tersebut. Karena dikelola dengan baik, pengunjung Taman Bunga Cihideung sangat dilarang untuk merusak taman, terlebih berfoto di tengah padang bunga.

Pelancong yang datang dari luar kawasan Bandung, tampaknya perlu memasukkan taman ini saat kunjungan, selain wisata kuliner tentunya.

Artikel ini telah dibaca 258 kali

Baca Lainnya