Liburan

Sunday, 20 September 2020 - 17:31 WIB

8 months yang lalu

logo

Taman Bunga Nusantara, Wisata Dekat Jakarta Untuk Liburan Keluarga

Bagi anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, mengunjungi Taman Bunga Nusantara bisa menjadi pilihan liburan keluarga anda. Ia merupakan taman bunga terbesar yang ada di Indonesia, total luas lahannya mencapai 23 hektar. Taman bunga ini berada di antara Gunung Gede Pangrango dan Kebun Teh Bogor, tepatnya di Kecamatan Sukaresmi, Kabupaten Cianjur.

Disini terdapat ratusan jenis tanaman hias dan bunga yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Selain indah untuk dilihat, anda bisa berfoto dengan beragam tanaman yang ada disini. Tentunya sangat instagramable banget ya. Selain melihat tanaman hias dan bunga, disini juga terdapat berbagai fasilitas pendungun lainnya. Misalnya saja beberapa wahana permainan anak, seperti mini car dan permainan ketangkasan. Ada juga beberapa restoran yang menyediakan makanan, sayangnya saya belum berkesempatan untuk mencoba restoran yang berada di dalam area wisata ini sehingga tidak bisa mengomentarinya.

Sejarah Taman Bunga Nusantara

Taman Bunga Nusantara didirikan pada tahun 1995 silam, pada jaman pemerintahan Bapak Soeharto. Pada saat itu, Ibu Negara Tien Soeharto sendiri lah yang meresmikannya. Pembangunannya dimulai sejak tahun 1992 yang di gagas oleh Istri letjen TNI Bustanil Arifil, Suhardani.

Hingga saat ini, Taman Bunga Nusantara merupakan salah satu destinasi favorit bagi warga Jakarta dan sekitarnya. Hal ini dikarenakan tempat wisata ini sangat terawat dengan baik oleh para pengelolanya sehingga pengunjung yang datang menjadi sangat puas. Seringkali, pengunjung datang ke kawasan ini lebih dari satu kali setiap tahunnya.

Rute Menuju Taman Bunga Nusantara

Jika anda ingin menuju ke kawasan ini, anda bisa menggunakan kendaraan pribadi ataupun angkutan umum. Jika ingin menggunakan angkutan umum, anda bisa menggunakan bus jurusan Bogor-Cianjur ataupun bus jurusan Bandung-Jakarta yang menuju arah puncak. Setelah memasuki kawasan pertigaan Hanjawar, anda perlu turun dari bus yang anda tumpangi kemudian pindah menggunakan angkot jurusan Cipanas-Loji dan turun di daerah Pasar GSP. Dari Pasar GSP anda bisa lanjut menggunakan ojek online ataupun menggunakan angkot jurusan Cipanas-Mariwati yang melewati kawasan wisata ini. Jika anda baru pertama kali menggunakan kendaraan umum ke tempat ini, sebaiknya anda bertanya warga sekitarnya biar tidak nyasar.

Ragam Wisata di Tanaman Bunga Nusantara

Kawasan wisata Taman Bunga Nusantara terbagi atas beberapa jenis taman yang memiliki keunikan tersendiri. Kawasan ini memang menjanjikan panorama yang sangat indah dan cocok dijadikan tempat berfoto. Tempat ini benar-benar sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan bersama keluarga anda.

Beberapa jenis taman yang ada di kawasan wisata ini diantaranya adalah sebagai berikut :

Taman Air

Sesuai dengan namanya, di taman ini terdapat beraneka macam tanaman air yang berasal dari berbagai wilayah di dunia. Salah satu yang menjadi paling mencolok adalah adanya bunga teratai raksasa yang bentuknya seperti sebuah nampan berukuran besar. Selain teratai raksasa terdapat juga tanaman Cybera Papyrys, Talia Delbata dan lain sebagainya. Beragam tanaman air yang ada disini memiliki warna yang sangat beragam sehingga sangat enak untuk dipandang. Anda juga bisa mengenalkan berbagai jenis taman air yang ada disini kepada anak anda, sehingga dapat menambah pengetahuannya.

Taman Mawar

Salah satu yang menjadi taman unggulan kawasan wisata ini adalah taman mawarnya. Disini terdapat puluhan jenis mawar dengan warna yang berbeda-beda. Mawar yang tumbuh disini ini biasanya berbunga sangat lebat pada awal musim penghujan. Oleh karena itu, disarankan untuk berkunjung ke taman ini ketika bulan Agustus-September agar bisa melihat bunga mawar yang banyak bermekaran. Taman mawar yang ada disini dikelola dengan baik dan tumbuh dengan subur. Sayangnya, anda tidak boleh ya memetik bunga mawar yang ada disini.

Taman Perancis

Taman ini bernuansa renaissance Perancis, anda seperti akan dibawa ke nuansa Eropa Klasik di abad 17an. Ukuran taman ini memang tidak terlalu besar, terdiri dari beberapa bangunan gaya eropa tempoe doloe dan beberapa taman bunga yang terususn rapi. Bunga yang ada di taman ini semuanya berasal dari eropa, contohnya saja euphorbia.

Taman Labirin

Di sini anda akan memasuki sebuah labirin yang terbuat dari tanaman bunga yang tertata dengan baik. Saya menyarankan anda untuk membeli peta yang disediakan oleh pengelola, agar tidak tersesat di dalamnya. Peta yang dijual ini juga berharga murah kok, cuman seribu rupiah saja.

Taman Palem

Disini ada beragam palem yang tertata dengan sangat baik dan tentunya tumbuh subur. Terdapat lebih dari 100 jenis tanaman palem yang ada di dalamnya, yang dijejer sedemikian rupa sehingga terlihat sangat menarik. Beberapa jenis palem yang ada disini diantaranya adalah palem raksasa, palem kipas Meksiko, Palem Madagaskar dan lain sebagainya. Ukuran palem yang ada pun bervariasi mulai kurang dari setengah meter hingga yang tingginya lebih dari 4 meter.

Rumah Kaca

Di rumah kaca ini terdapat berbagai macam bunga yang kurang cocok dengan iklim tropis Indonesia. Oleh sebab itu perlu dibuatkan sebuah rumah kaca, agar bisa mengontrol suhu dan kondisi lingkungan yang ada di dalamnya. Kawasan rumah kaca ini luasnya sekitar 2.000 meter persegi, dengan beragam jenis tanaman hias yang berasal dari daerah yang memiliki empat musim. Disini anda bisa berfoto dengan tanaman yang tidak bisa anda jumpai di Indonesia.

Menara Pandang

Menara ini bisa dibilang merupakan salah satu ikon yang ada di kawasan wisata ini. Anda bisa naek keatas menara padang untuk melihat indahnya pemandangan taman bunga nusantara dari atas ketinggian. Berfoto di atas menara dengan background pemandangan kawasan wisata ini juga merupakan hal yang perlu anda lakukan.

 

Artikel ini telah dibaca 1562 kali

Baca Lainnya