Liburan

Wednesday, 30 September 2020 - 18:50 WIB

5 months yang lalu

logo

Taman Mini Indonesia Indah dan Wahana di Dalamnya

Siapa sih yang tidak kenal dengan Taman Mini Indonesia Indah, tempat Wisata ini usianya sudah hampir setengah abad. Didirikan pada tahun 1975 oleh Presiden Soeharto, Taman mini menjadi kawasan wisata yang ramai dikunjungi wisatawan hingga sekarang. Kawasan ini luasnya sekitar 150 hektar dan terdiri atas rangkuman kebudayaan yang ada di indonesia, serta mencakup berbagai aspek kehidupan sehari-hari yang ada di Nusantara. Oleh karena banyaknya wahana yang disediakan disini, tidak hanya wisatawan lokal saja yang tertarik untuk mengunjungi Taman Mini. Anda akan melihat banyak orang luar yang berkunjung ke tempat ini, untuk lebih mengenal tentang kebudayaan yang dimiliki masyarakat kita.

Hal Menarik di Taman Mini Indonesia Indah

Wahana yang ada di Taman Mini lumayan banyak dan sulit untuk dijelaskan semuanya dalam satu artikel. Berikut ini akan saya ulas beberapa wahana terpopuler yang ada di Taman Mini Indonesia Indah.

Taman Rekreasi

Ada sebelas taman rekreasi yang didirikan di kawasan itu, semuanya memiliki keunikan tersendiri. Kesebelas tanaman tersebut adalah empat buah taman flora, lima taman fauna, satu taman budaya dan dua taman monumental. Taman monumental yang ada disini sangatlah bersejarah karena merupakan Prasasti APEC dan Monumen Persahabatan Negara Non Blok yang merupakan bagian penting dari sejarah bangsa kita. Taman flora terdiri atas taman kaktus, taman melati, apotek hidup dan legenda keong mas yang semuanya akan menambah wawasan kita tentang keanekaragaman hayati yang ada di indonesia. Sedangkan taman fauna yang ada disini terdiri atas taman reptil, kupu-kupu, bekisar dan burung.

Pusat Informasi Budaya dan Wisata (PIBW)

Bagi anda yang ingin menambah pengetahuan tentang wisata dan budaya yang ada di Indonesia, anda perlu berkunjung ke PIBW. Disini terdapat sebuah ruang baca yang terdiri atas 40.000 buku dan 7.000 audio visual seputar kebudayaan dan wisata yang ada di negeri kita. Selain itu, terdapat juga teater mini yang berisi pergelaran kebudayaan. Di PIBW juga tersedia berbagai paket wisata yang digunakan untuk berkeliling di sekitar TMII. Walau begitu, saya sendiri kurang menyarankan menggunakan paket wisata karena akan lebih menyenangkan dan puas untuk berfokus dalam satu wahana saja setiap kunjungan anda.

Anjungan Daerah

Di wahana ini, terdapat berbagai rumah adat serta benda-benda lainnya yang melambangkan budaya masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Rumah-rumah adat di bangun berderet di kawasan ini, anda menjadi bisa lebih mengenal kebudayaan yang ada di bangsa kita. Banyak juga benda bersejarah dan peralatan seni yang berasal dari masing-masing daerah yang dipamerkan disini. Kawasan ini sangat baik digunakan untuk mendidik anak anda yang masih kecil sehingga bisa lebih mengenal kebudayaan bangsa Indonesia.

Kereta Gantung

Bisa dibilang ini merupakan salah satu wahana yang paling banyak diminati oleh para wisatawan yang berkunjung ke Taman Mini. Dari kereta gantung ini, anda bisa melihat deretan pulau-pulau mini Indonesia yang dibuat sedemikian rupa di kawasan ini. Pengunjung seakan-akan dapat melihat Indonesia secara utuh dari langit yang tinggi. Dari kereta gantung ini anda juga bisa melihat seluruh kawasan wisata Taman Mini serta wahana yang ada di dalamnya. Tarif yang dibutuhkan untuk menaiki kereta gantung ini hanya 30 ribu rupiah saja per orangnya.

Perahu Angsa

Jika Kereta gantung digunakan untuk melihat miniatur pulau-pulau yang ada di Indonesia dari atas, perahu angsa digunakan mengelilingi danau yang di dalamnya dibuat miniatur pulau Indonesia tersebut. Dengan menggunakan perahu angsa ini anda bisa puas mengelilingi danau tersebut dan melihat miniatur pulau dari sisi yang berbeda. Pemandangan yang ditampilkan danau ini lumayan bagus, karena miniatur pulau-pulau buatan tadi terlihat sangat hijau ditumbuhi rumput yang terawat. Tarif yang dikenakan untuk menggunakan perahu angsa ini juga cukup murah, hanya 7.500 rupiah saja per orangnya. Bagi anda yang tidak suka mengayuh perahu angsa manual, pengelola Taman Mini juga menyediakan perahu mesin.

Istana Anak Indonesia

Bagi anda yang berlibur bersama anak kecil, anda perlu berkunjung ke wahana Istana Anak Indonesia. Bangunan wahana ini dibentuk seperti istana raja di negeri dongeng, yang di cat dan dihiasi dekorasi yang sangat menarik. Bagi anak kecil, memasuki istana anak Indonesia ini memiliki kebahagiaan tersendiri. Di dalam wahana ini, anak anda akan di sajikan beragam alat peraga IPTEK, peralatan music diatonik, pentatonik dan banyak permainan lainnya yang bisa digunakan sebagai sarana edukasi.

Dunia Air Tawar

Wahana ini merupakan tempat biota air terbesar dan terlengkap yang ada di Asia. Koleksi ikan, tanaman dan reptil air yang ada disini jumlahnya sekitar 6.000 ekor. Fasilitas yang disediakan disini pun sangat lengkap, sehingga dapat mengedukasi pengunjung yang melihat keanekaragaman hayati yang ada disini. Disini terdapat sebuah auditorium, perpustakaan, akuarium raksasa serta ruang karantina yang bisa anda manfaatkan.

Snowbay Waterpark

Merupakan salah satu wahana permainan air terbesar yang ada di Jakarta, luasnya sekitar 3 hektar. Disini terdapat banyak arena permainan air yang bisa anda nikmati, misalnya kolam ombak, kolam arus, Bombaster, Cool Running, Kids Pool dan lain sebagainya. Sesuai dengan namanya, wahana ini memiliki tema pegunungan salju yang didesain sedemikian rupa sehingga terlihat sangat indah. Hanya saja, disini anda tidak bisa menemukan salju asli ya.

Itulah beberapa hal menarik yang bisa anda nikmati di Taman Mini Indonesia Indah, saya sendiri sangat merekomendasikan tempat wisata ini untuk dijadikan tujuan berlibur keluarga anda.

Artikel ini telah dibaca 859 kali

Baca Lainnya