Kuliner

Wednesday, 16 September 2020 - 15:55 WIB

8 months yang lalu

logo

Tempat Kuliner di Sukoharjo Yang Wajib Dicoba

Sukoharjo tidak hanya dikenal akan pemandangan alamnya yang indah, tempat ini juga menyediakan berbagai warung kuliner yang sangat lezat. Anda bisa mencoba mengunjungi berbagai warung kuliner yang ada disini, setelah asik jalan-jalan ke tempat wisata di Sukoharjo. Beberapa menu andalan yang ada adalah tengkleng dan sate kambing.

Berdasarkan pengalaman saya pribadi, kuliner daging kambing yang saya makan di Sukoharjo benar-benar enak rasanya. Bukanya dibesar-besarkan tetapi warung tersebut memang menyediakan olahan daging kambing yang terenak yang pernah saya rasakan. Warung tengkleng Pak Momo namanya, dagingnya begitu lembut dan bumbunya sangat pas sehingga benar-benar tidak bisa saya lupakan.

Selain tengkleng pak momo, ada juga warung ayam goreng mbak karto yang cukup melegenda. Banyak pejabat nasional yang mencicipi masakan di warung tersebut. berikut ini akan saya ulas mengenai tempat kuliner di Sukoharjo yang wajib anda coba.

1. Tengkleng Pak Momo

Karena menurut saya tempat makan ini yang paling enak, maka saya ulas paling pertama ya. Tengkleng pak momo merupakan sebuah warung makan yang menyediakan berbagai aneka masakan olahan kambing. Warung ini terletak di Jalan Merbabu No. 5 Kecamatan Sukoharjo. Lokasinya tidak begitu jauh dari alun-alun dan kantor Bupati Sukoharjo.

Menu yang tersedia disini diantarnaya tengkleng, tongseng, sate dan gule kambing. Berbeda dengan masakan kambing kebanyakan yang tercium bau amis di dagingnya, disini saya tidak merasakan bau amis sama sekali. Tekstur dagingnya pun benar-benar lembut sehingga sangat mudah untuk dikunyah. Saya sendiri cukup penasaran dengan apa rahasia Pak Momo bisa memasak kambing seenak ini. Mungkin karena jam terbangnya yang sudah cukup tinggi, warung ini telah buka selama lebih dari 25 tahun. Oleh sebab itu, setiap saya berkunjung ke Sukoharjo saya pastikan selalu mampir ke warung ini.

Jika anda tertarik untuk mencoba makan di warung ini datanglah pada pagi hari. Karena pembelinya sangat banyak sehingga seringkali anda akan kehabisan jika telat datang. Biasanya warung ini buka mulai pukul 7 pagi hingga dagangannya habis. Jam yang saya rekomendasikan untuk berkunjung ke sini adalah sekitar jam 7 atau jam 8 pagi. Jam tersebut sangat cocok untuk sarapan pagi anda, jangan terlalu kesiangan karena biasanya mulai pukul 8.30 antrian pembeli sudah cukup panjang. Biasanya sih, sekitar jam 10 atau 11 masakannya sudah terjual habis semua.

2. Ayam Goreng Mbah Karto

Warung ayam goreng mbah karto tempatnya sebenarnya tidak terlalu besar, tetapi jangan salah warung ayam goreng ini sudah sangat melegenda. Saya sendiri pernah melihat secara langsung mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono makan di warung ini. Selain itu, Presiden kita saat ini juga katanya merupakan salah satu pelanggan di warung ini ketika masih menjabat Walikota Surakarta. Warung yang telah beroperasi sejak tahun 1969 ini dianggap memiliki daging ayam yang gurih dan empuk. Selain itu, yang menjadi andalannya adalah sambal blondonya yang sangat pas dimakan dengan ayam goreng yang disajikan.

Akibat paduan rasanya tersebut, warung ayam goreng mbah karto setiap harinya selalu ramai pengunjung. Disini seringkali kedatangan pengunjung yang berasal dari luar kota, seperti Semarang, Solo, Jogja hingga Jakarta. Jika anda berkunjung ke Sukoharjo, tidak ada salahnya anda mampir ke warung makan yang berada di depan kantor PLN Sukoharjo ini.

3. Soto Carikan

Bagi yang ingin makan panas-panas dan murah, soto carikan merupakan pilihan yang pas bagi anda. Warung yang terletak di desa Carikan, Kecamatan Sukoharjo ini selalu ramai dikunjungi pembeli. Maklum saja, harga yang disajikan sangatlah murah. Satu porsi soto berukuran jumbo hanya dijual seharga 10 ribu rupiah saja. Soto yang disajikan dengan ayam kampung ini merupakan salah satu kuliner legendaris yang ada di Sukoharjo. Warung yang telah beroperasi selama lebih dari 20 tahun ini dianggap mewakili kuliner yang disukai orang Sukoharjo, yaitu harga murah, porsi banyak dan rasa enak. Oleh sebab itu, hampir semua penduduk di kabupaten ini pernah mampir ke warung soto carikan.

3. Ayam Goreng Mbak Mulyani

Walaupun pamornya kalah jika dibandingkan dengan ayam goreng mbah karto, warung satu ini juga patut anda coba. Saya sendiri secara jujur menilai, ayam goreng kampung yang disediakan di warung ini lebih enak daripada ayam goreng mbah karto. Sebenarnya, kedua pemilik warung ini juga masih bersaudara sehingga rasa yang disajikan pun tidak terlalu berbeda jauh.

Keunggulan dari ayam goreng mbak mulyani adalah disediakannya lalapan berupa trancam dan rebusan daun pepaya yang selalu berasal dari sayuran segar. Sambel yang disediakan disini pun cukup pedas sehingga sangat cocot bagi anda yang menyukai masakan pedas. Bagi anda yang tertarik mencicipinya, anda bisa datang saja ke daerah Tawangsari, Sukoharjo.

4. Bakso Pak Bag

Sukoharjo, khususnya kecamatan Nguter terkenal sebagai salah satu asalnya para penjual bakso. Banyak pedagang bakso di seluruh indonesia berasal dari kecamatan ini. Oleh sebab itu, bakso yang ada di Sukoharjo bisa dijamin kelesatannya. Salah satu warung bakso yang cukup terkenal adalah bakso Pak Bag. Bakso yang disediakan disini memiliki bumbu yang pas dengan komposisi daging sapi segar pilihan.

Selain bakso, disini juga disediakan menu mie ayam dan soto. Walaupun begitu, saya tetap lebih merekomendasikan anda untuk mencicipi menu baksonya saja. Warung ini biasanya buka mulai pukul 10.00 hingga 20.00. Lokasinya adalah di Jl Ir. Soekarno, Grogol, Sukoharjo.

Itulah tempat kuliner di Sukoharjo yang wajib anda coba ketika berkunjung ke kabupaten ini. Dari keempatnya, tentu saja warung tengkleng Pak Momo yang wajib anda kunjungi pertama kali.

Artikel ini telah dibaca 2188 kali

Baca Lainnya