Kuliner

Thursday, 2 May 2019 - 10:28 WIB

2 years yang lalu

logo

Tempat Makan Enak di Bandung yang Ramah Di Kantong

Banyak destinasi wisata di Bandung, mulai dari wisata ke daerah pegunungan yang sejuk, wisata belanja hingga wisata kuliner. Nah, berikut ini ada beberapa rekomendasi tempat makan enak di Bandung jika tujuan utama kamu berlibur ke kota kembang itu untuk berwisata kuliner.

Tempat Makan Enak Di Bandung Khusus Jajanan

Café Madtari Bandung

Café Madtari adalah salah satu tempat makan enak di Bandung yang didominasi oleh sajian aneka olahan roti, susu dan pisang. Menu jajanan paling populer di kafe ini adalah pisang bakar dan pisang keju. Harganya yang murah meriah ga bikin kualitas dari menu jajanan di kafe ini jadi murahan lho, buktinya menu pisang keju di kafe ini benar-benar menggugah selera, apalagi jika kamu pecinta keju, pasti akan merasa sangat dimanjakan dengan tampilan seporsi pisang bakar yang tertimbun tumpukan keju parut berlimpah.

Kalau kamu penasaran, datang saja ke daerah Dago, Bandung dan langsung nikmati berbagai menu yang ditawarkan di kafe yang buka 24 jam setiap harinya itu. Jajanan lezat, legit dan manis dipadukan dengan suasana kafe yang tenang jauh dari hiruk pikuk keramaian kota tentunya akan semakin memberikan pengalaman liburan yang menyenangkan di kota berjuluk Paris van Java itu.

Cuanki Serayu

Satu lagi tempat jajanan khas Bandung yang nikmat dan layak dicoba, yaitu Cuanki Serayu. Apa itu cuanki? Sebenarnya sih, cuanki itu jajanan mirip bakso tapi kalau cuanki ga ada mie kuning sebagai bahan pelengkapnya. Kalau hampir sama dengan bakso, terus kenapa namanya beda? Orang Bandung sih bilangnya cuanki itu singkatan dari “cari uang jalan kaki” karena cuanki ini awalnya memang dijual dengan cara berkeliling menggunakan gerobak.

Seporsi cuanki yang berisi tahu putih dengan isian aci, siomay, bakso, pangsit rebus, pangsit goreng, dan bakso goreng ini hanya dijual Rp. 12.000 saja, sangat ramah di kantong, bukan? Selain cuanki, tempat makan ini juga menjual batagor.

Surabi Waroeng Setiabudhi

Tempat makan enak di Bandung yang satu ini menyajikan salah satu jajanan tradisional Jawa Barat yang paling khas, apalagi kalau bukan surabi. Meskipun surabi merupakan jajanan pasar.

Tapi Waroeng Setiabudhi mengemasnya dengan gaya yang lebih modern dan kekinian, terbukti dari varian rasanya yang sangat beraneka ragam, mulai dari rasa original hingga yang penuh dengan topping baik itu topping manis ataupun asin. Harga surabi di tempat makan ini juga sangat terjangkau, hanya sekitar 3 ribu hingga 10 ribu Rupiah saja.

Batagor Riri

Jajanan Bandung memang banyak yang terkenal, salah satunya apalagi kalau bukan batagor. Nah, di Bandung batagor apa sih yang paling enak? Enak atau ga enak sih relatif ya, tergantung selera, tapi Batagor Riri ini bisa dibilang adalah salah satu tempat makan enak di Bandung yang sangat terkenal, bahkan banyak artis yang mampir ke kedai batagor yang lokasi pusatnya ada di Jalan Burangrang No. 41 Bandung ini.

Ada dua macam menu batagor yang tersedia, yaitu batagor kering dan batagor basah. Tekstur batagornya yang kenyal ditambah dengan rasa ikan tengirinya yang begitu kuat bisa bikin ketagihan ingin lagi dan lagi, apalagi bumbu kacangnya yang memiliki tekstur masih agak sedikit kasar makin menambah kenikmatan jajanan khas Bandung ini.

Tempat Makan Enak Di Bandung Khusus Makanan Tradisional

Nasi Kalong

Nasi kalong adalah salah satu jenis makanan khas Bandung yang unik dan lain daripada yang lain. Dinamakan nasi kalong sebab memang benar nasi yang disajikan berwarna kehitaman karena merupakan nasi merah yang dicampur dengan kluwek dan tentunya ditambah dengan berbagai rempah pilihan, seperti bawang merah, cabai, daun salam serta tambahan kelapa parut sehingga membuat nasi menjadi terasa makin gurih, bahkan tanpa ditemani lauk pun nasi kalong yang kaya bumbu ini sebenarnya sudah nikmat.

Biasanya nasi kalong ditemani dengan aneka lauk pauk yang kamu pilih sendiri, mulai dari tahu tempe goreng, perkedel, hingga ayam goreng lengkap juga dengan tumisan sayur dan tentunya sambal. Seporsi nasi kalong biasanya hanya sekitar Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 saja.

Uniknya lagi, sesuai namanya, warung nasi kalong biasanya juga hanya buka di malam hari, mulai pukul 7 malam hingga 3 dini hari, jadi kalau kamu ingin berwisata kuliner malam di Bandung yang murah dan enak serta unik, jangan lupa mampir ke tempat makan nasi kalong ini yang berlokasi di Jalan R.E Martadinata No. 102 Bandung.

Warung Bu Eha

Tempat makan enak di Bandung berikutnya adalah warung Bu Eha yang letaknya berada di dalam pasar Cihapit. Tempat makan ini termasuk legendaris lho sebab sudah berdiri sejak tahun 1947, jadi ga heran kalau banyak orang menjadi pelanggan setia warung yang menjual aneka macam makanan rumahan ini.

Nah, tentunya untuk kualitas rasa tidak perlu diragukan lagi, kan? Bayangkan saja, sudah puluhan tahun awet bertahan di dunia kuliner pasti warung Bu Eha ini menawarkan aneka makanan yang memang mampu menggoyang lidah setiap orang yang pernah mencoba makan di tempat ini. Menu andalan warung Bu Eha juga bermacam-macam, diantaranya seperti gepuk, rendang, kepala kakap berkuah, aneka pepes mulai dari pepes ikan, pepes jamur hingga yang paling unik pepes telur asin. Warung Bu Eha juga menyediakan soto Bandung yang terkenal gurih dan lezat, serta tak ketinggalan sambal dadak yang sangat khas rasanya.

Warung Misbar

Selain menyediakan makanan lezat, warung Misbar ini memiliki konsep yang unik sebab juga menyediakan tontonan bioskop dalam bentuk layar tancap. Jadi sudah bisa dipastikan, selain dapat menikmati hidangan tradisional lezat, kamu juga bisa nonton bioskop yang menampilkan film-film jaman dulu, seperti film-film dari seniman legendaris Bing Slamet, Benyamin.S, Suzanna dan lain-lain.

Sementara itu, untuk menu yang ditawarkan di warung ini sangatlah beragam, rata-rata aneka makanan rumahan yang tentu saja enak, misalnya seperti ayam goreng laos, tumis mercon daging, sate paru, bebek sambal hejo, semur jengkol dan masih banyak yang lainnya. Pilihan minumannya juga sangat beraneka ragam, mulai dari bandrek, bajigur, es cincau hingga es dung-dung pun tersedia. Range harga makanan disini juga terbilang ramah di kantong, mulai dari harga satuan Rp. 3.000 hingga paling mahal Rp. 30.000

Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom

Satu lagi tempat makan enak di Bandung yang juga murah meriah, yaitu nasi bancakan Mang Barna dan Bi Oom. Konsep tempat makan ini juga cukup unik, sebab menghadirkan suasana tempo dulu, yang bisa dilihat dari peralatan makan yang terbuat dari bahan seng.

Tempat makan ini juga mengusung konsep prasmanan, sehingga kamu bisa pilih dan ambil sendiri nasi dan lauk pauk yang kamu suka. Nasi Bancakan Mang Barna dan Bi Oom ini menyediakan aneka macam masakan Sunda, diantaranya seperti nasi timbel, nasi liwet, ulukuteuk leunca, tumis genjer, pepes peda, dan masih banyak yang lainnya.

Artikel ini telah dibaca 1484 kali

Baca Lainnya