Liburan

Thursday, 24 September 2020 - 23:04 WIB

8 months yang lalu

logo

Tempat Wisata di Klaten yang Paling Wajib Dikunjungi

Tempat wisata yang ada di Klaten mungkin memang kalah pamor dibandingkan dua kota tetangganya, Solo dan Jogja. Sebenarnya daya tarik wisata di kota ini tidak kalah mengagumkan dibandingkan keduanya. Pemerintah daerah Klaten telah berupaya secara sungguh-sungguh untuk mengembangkan berbagai obyek wisata yang ada disini. Hal yang menjadi andalan kota ini tentu wisata sejarahnya, Candi Prambanan dijadikan garda terdepan pariwisata kota ini.

Selain Candi Prambanan, terdapat beberapa obyek wisata lain yang menurut saya cukup menarik untuk anda kunjungi. Berikut ini beberapa tempat wisata di Klaten yang paling wajib anda kunjungi ;

Candi Prambanan

Sebuah candi yang sangat terkenal di seluruh dunia, ia merupakan peninggalan sejarah yang sangat berharga. Candi yang terletak di Jl. Raya Solo-Yogayakarta ini mampu menarik banyakk sekali wisatawan dari luar ataupun dalam negeri. Ia merupakan bangunan peninggalan Sri Maharaja Rakai Pikatan yang dibuatnya untuk menandingi kemegahan Candi Borobudur. Pada saat itu memang terjadi persaingan di kerajawaan tersebut antara wangsa sailendra yang beragama Budha melawan wangsa sanjaya yang beragama Hindu.

Waduk Rowo Jombor

Merupakan sebuah obyek wisata yang sangat terkenal di Klaten, ia banyak dikunjungi oleh para wisatawan lokal. Tidak hanya ada pemandangan air, disini terdapat banyak aktivitas hiburan yang bisa anda lakukan. Salah satunya adalah mendaki bukit Rowo Jombor yang terletak di sebelah waduk ini. Dari bukit tersebut anda bisa melihat pemandangan daerah waduk rowo jombor dan sekitarnya yang masih dipenuhi banyak pepohonan hijau.

Setelah lelah mendaki dan melihat pemandangan, anda bisa menikmati beragam kuliner ikan yang di berada di Warung Apung Rowo Jombor. Makanan yang disediakan disini harganya tidak terlalu mahal kok, untuk 1 orang biasanya menghabiskan sekitar 50 ribu rupiah. Ada banyak orang juga yang memancing di waduk ini, memang di dalam waduk ini terdapat banyak ikan air tawar berukuran besar sehingga menjadi salah satu spot mancing favorit di Klaten.

Candi Lumbung

Candi ini letaknya tidak jauh dari Candi Prambanan, yaitu di desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Klaten. Tinggi candi ini mencapai 8 meter dan merupakan salah satu warisan sejarah yang ada di Kota Klaten. Berbeda dengan Prambanan yang merupakan tempat ibadah umat hindu, Candi Lumbung merupakan tempat ibadah agama Budha. Candi ini sangat terawat dengan baik, sehingga menjadi salah satu tempat wisata di Klaten yang saya rekomendasikan.

Candi Sewu

Walaupun ketenarannya kalah apabila dibandingkan dengan Prambanan atau Borobudur, Candi Sewu memiliki legena tersendiri. Ini merupakan salah satu candi tertua yang ada di Jawa, ia dibangun pada sekitar abad ke 8 Masehi. Arsitektur yang dimiliki candi ini sangatlah unik, karena merupakan perpaduan dari Hindu an Budha. Candi Sewu letaknya hanya sekitar 800 meter dari Prambanan, sehingga anda bisa berjalan kaki untuk ke tempat ini sehabis anda berkunjung ke Prambanan. Kawasan Candi Sewu tidak terlalu luas, panjangnya sekitar 18 meter dan lebar 165 meter.

Puncak Clongop

Lelah melihat candi bersejarah yang ada di Klaten, anda bisa menikmati indahnya pemandangan alam di Puncak Clongop. Letaknya berada di Kecamatan Gedangsari, ia memiliki pesona keindahan alam yang tiada duanya sehingga sangat cocok untuk dijadikan tempat foto. Selain indah pemandangannya, daerah ini memiliki udara yang sangat sejuk. Sehingga tak heran apabila tempat wisata di Klaten ini banyak dikunjungi wisatawan.

Objek Mata Air Cokro

Tempat wisata iklaten ini menggabungkan antara wisata alam dengan fasilitas yang modern. Disini terdapat sebuah mata air yang sangat jernih dan sering diambil airnya untuk dijadikan air mineral. Menggunakan air yang terapat dari mata air ini, pemerintah kabupaten Klaten membangun sebuah waterboom modern sehingga para pengunjung bisa bermain air sepuasnya dengan air yang sangat alami. Rasakan sensasi berbeda bermain menggunakan air yang berasal dari mata air dibandingkan dengan air ledeng yang tercium aroma kaporit di dalamnya.

Umbul Kapiler

Dulunya mata air yang berada di Kecamatan Polaharjo, Kabupaten Klaten ini digunakan sebagai tempat pemandian para putri raja. Saat ini anda pun sudah bisa mandi menggunakan mata air yang sangat segar ini. Banyak wisatawan yang berkunjung ke tempat ini untuk sekedar bermain atau mani dalamnya. Ia merupakan wisata alternatif bagi para warga kota ini untuk mengisi libur akhir pekan mereka.

Hutan Kota Gergunung

Hutan ini berada di tengah kota klaten yang dibuat oleh pemerintah setempat untuk membuat suasana kota ini menjadi semakin hijau. Disini ada banyak tamanam terutama tanaman buah yang ditanam dengan berdekatan. Hutan kota ini cukup luas, anda akan menikmati sejuknya tempat ini sekalian mengenal berbagai jenis tanaman yang ada. Hutan kota ini juga dikelola dengan baik oleh pemerintah setempat sehingga fasilitas yang ada sangatlah bersih.

Maka tak heran apabila setiap akhir pekan banyak warga klaten dan sekitarnya yang datang ke tempat wisata ini. Disini terdapat pula tempat bermain untuk anak, serta deretan tanaman hias dan bunga yang dapat dijadikan tempat selfie yang bagus. Bangunan dan beberapa ornamen yang aa di tempat ini akan mempercantik foto anda. Terdapat pula deretan Pagupon alias rumah merpati yang menjai ciri khas dari Hutan Kota Gergunung.

Itulah beberapa tempat wisata di Klaten yang bisa anda kunjungi ketika berlibur. Saya sarankan untuk berlibur lebih dari sehari di Klaten sehingga anda bisa puas keliling berbagai obyek wisata yang ada di kota ini.

Artikel ini telah dibaca 399 kali

Baca Lainnya