Liburan

Friday, 2 October 2020 - 19:21 WIB

7 months yang lalu

logo

Tempat Wisata di Kota Tua Jakarta yang Bagus Untuk Berfoto

Kota tua merupakan sisi lain dari Jakarta, suasana yang ada disini masih sangat klasik dan sangat berbeda jika dibandingkan dengan bagian ibukota Jakarta lainnya. kawasan ini merupakan pilihan yang tepat bagi warga Jakarta dan sekitarnya untuk berlibur. Tempat ini penuh dengan berbagai bangunan bersejarah yang sangat kental dengan era kolonialisme Belanda. Kota tua merupakan tempat yang sangat direkomendasikan untuk berburu foto, disini ada banyak tempat menarik yang bisa anda kunjungi.

Tempat Wisata di Kota Tua

Beberapa tempat menarik yang bisa anda kunjungi di sekitar kota tua diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Museum Fatahillah

Merupakan salah satu museum yang paling bersejarah yang ada di Ibukota. Bangunan museum ini dibuat mirip istana kerajaan belanda yang ada di Amsterdam. Museum ini dulunya merupakan sebuah gedung pengadilan lengkap dengan penjara yang ada di dalamnya. Di dalam museum Fatahillah tersimpan puluhan ribu barang bersejarah, yang dulunya disimpan di Museum Jakarta Lama. Setelah Museum Jakarta Lama ditutup, barang-barang bersejarah ini kemudian dipindahkan pemerintah ke sini.

Salah satu barang bersejarah yang sangat penting bagi bangsa Indonesia yang ada disini diantaranya adalah Prasasti Ciaruteun. Prasasti ini bukti bersejarah bahwa dulunya di Nusantara terdapat sebuah kerajaan hindu yang bernama Tarumanegara. Selain prasasti Ciaruteun, terdapat pula meriam si jagur, patung dewa hermes, sel tahanan Untung Suropati dan Pangeran Diponegoro. Koleksi barang bersejarah yang bisa anda lihat di museum ini selain akan menambah wawasan anda, juga merupakan sebuah tempat berfoto yang bagus.

2. Toko Merah

Mungkin anda terheran-heran mengapa saya merekomendasikan untuk mengunjungi sebuah toko yang berada di kawasan kota tua. Hal ini disebabkan karena toko merah merupakan bangunan tertua yang ada di Jakarta. Bangunan ini dibangun oleh seorang arsitektur Belanda bernama Gustaaf Willem baron Van Imhoff untuk didesain sebagai sebuah toko terbesar di kala itu. Toko ini dimiliki oleh seorang pengusaha Tionghoa sukses bernama Oey Liauw kong. Toko ini sempat beroperasi selama ratusan tahun lamanya, barulah di tahun 90an bangunan ini beralih fungsi menjadi tempat pameran, konferensi dan pertunjukan karya seni. Bangunan ini memiliki desain era kolonialisme Belanda dengan warna merah yang mencolok, sehingga cukup bagus juga dijadikan background foto anda.

3. Cafe Batavia

Keistimewaan Cafe yang ada di kota tua ini adalah karena desain bangunannya yang sangat kental dengan nuansa kolonialisme Belanda. Oleh sebab itu, Cafe Batavia sering dijadikan tempat berfoto para pengunjungnya, bahkan banyak pasangan yang melakukan foto prewedding di tempat ini. Cafe yang letaknya persis di depan Museum Fatahillah ini memang sangat legendaris. Desain bangunan dan interior yang ada di dalamnya dibuat sedemikian rupa sehingga para pengunjung seolah-olah sedang makan malam di restoran yang berada di abad ke 19. Selain desainnya yang menarik, citarasa makanan yang disajikan disini sungguh menggugah selera. Terdapat banyak makanan modern maupun tradisional yang bisa anda pesan, harganya pun terbilang cukup murah hanya sekitar 50 hingga 150 ribu rupiah saja.

4. Jembatan Kota Intan

Jembatan ini dulunya merupakan penghubung dua benteng yang dimiliki Inggris dan Belanda. Ia menjadi saksi sejarah serangan kerajaan Banten dan Mataram ke kedua benteng tersebut. Akibat adanya serangan kedua kerajaan tersebut di tahun 1629, jembatan kota intan pernah mengalami rusak parah. Jembatan penuh bersejarah ini memiliki desain yang sangat keren dan bisa dijadikan salah satu tempat berfoto anda ketika anda berada di kawasan kota tua.

5. Pelabuhan Sunda Kelapa

Merupakan salah satu pelabuhan tertua di indonesia yang masih beroperasi hingga sekarang. Dulunya ia menjadi gerbang barang-barang yang akan masuk dan keluar Jakarta. Pelabuhan ini memiliki peran yang sangat vital dari jaman kerajaan Demak hingga era kemerdekaan RI. Munculnya pelabuhan Tanjung Priok yang lebih modern membuat pelabuhan ini kini tak seramai dulu. Walau begitu, disini tetap masih sering dijadikan tempat bersandar berbagai kapal yang mayoritas berjenis phinisi. Menjadikan kapal-kapal tersebut sebagai latar belakang foto anda juga menjadi pilihan yang menarik. Anda juga bisa berfoto dengan latar belakang mercusuar model klasik yang masih menyalakan sorot cahaya hingga sekarang.

6. Museum Wayang

Sesuai dengan namanya, tempat ini identik dengan segala hal yang berbau dunia pewayangan. Museum ini didirikan pada tanggal 13 Agustus 1975 dan hingga sekarang masih beroperasi dengan baik. Selain terdapat wayang yang berasal dari Indonesia, di museum ini terdapat juga wayang yang berasal dari Thailand, China, Vietnam, perancis, India dan negara lainnya. Wayang yang berasal dari negara lain ini memiliki gaya yang berbeda lho dari yang ada di negeri kita ini. Selain koleksi wayang yang banyak, disini juga terdapat teater pertunjukan wayang dan sebuah workshop tentang bagaimana cara pembuatan wayang tersebut. Tempat ini sangat cocok anda kunjungi, khususnya bagi anda yang ingin menambah pengetahuan seputar kebudayaan yang ada di negeri kita.

7. Rumah Akar

Sesuai namanya, bangunan yang ada di kawasan kota tua ini dipenuhi dengan akar tanaman. Perakaran tanaman memenuhi hampir segala sisi dari bangunan ini. Bahkan perakaran tanaman tersebut sampai menembus dinding-dinding yang ada di dalamnya. Karena keunikannya yang ada disini, Rumah akar merupakan sebuah destinasi di kota tua yang tidak boleh anda lewatkan. Anda akan mendapatkan sebuah foto yang benar-benar mengagumkan karena dimana lagi sih anda bisa melihat sebuah bangunan yang dikelilingi akar seperti yang ada disini?

Itulah beberapa tempat di kota tua yang bisa anda jadikan tempat untuk berfoto. Pastikan anda memiliki manajemen waktu yang baik, sehingga anda dapat mengunjungi ke 7 tempat tersebut secara menyeluruh.

Artikel ini telah dibaca 768 kali

Baca Lainnya