Liburan

Thursday, 24 September 2020 - 20:35 WIB

5 months yang lalu

logo

Wisata Batu Seribu di Sukoharjo

Batu Seribu merupakan salah satu Tempat Wisata yang ada di Sukoharjo, tepatnya berada di Desa Gentan, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Tempat wisata ini telah berdiri dari tahun 1980an dan dulunya sangat ramai di kunjungi pengunjung. Pada tahun 90 hingga awal 2000an, banyak sekali pelancong yang berdatangan ke Batu Seribu, entah dari dalam ataupun luar kota.

Sayangnya karena kurangnya perawatan hingga tahun 2018, tempat wisata ini semakin sepi di datangi wisatawan. Pemerintah Kabupaten Sukoharjo pun berusaha merivitalisasi obyek wisata ini dengan melakukan perbaikan sarana yang ada tempat tersebut. Saat ini Wisata Batu Seribu memang belum seramai pada masa jayanya, akan tetapi menurut saya tempat ini sudah layak menjadi salah satu destinasi wisata, khususnya bagi para wisatawan lokal.

Ada apa di Batu Seribu ?

Batu seribu memiliki 2 tempat yang menjadi andalannya yaitu sebuah kolam renang yang berada di antara rimbunnya pepohonan yang lebat dan juga adanya sebuah taman yang berisi ribuan batu dengan berbagai bentuk. Terdapat juga sebuah taman bermain anak dan wahana outdoor yang dapat menjadi sarana hiburan bagi anak anda.

Segarnya Berenang di Antara Pepohonan.

Berenang menggunakan air yang berasal dari mata air bersih di sebuah kolam yang berada di antara pepohonan lebat menjadi sebuah keseruan tersendiri. Segarnya air mata air membuat berenang menjadi makin mengasyikan. Selain itu, rimbunnya pepohonan di sekitar kolam yang ada di Batu Seribu membuat udara di sekitar kolam menjadi sangat sejuk.

Terdapat 3 jenis kolam renang yang ada disini, kolam renang utama memiliki kedalaman 80 cm hingga 2 meter. Kolam renang kedua kedalamannya 140 cm dan yang terakhir digunakan untuk berenang anak, dengan kedalaman 80 cm.

Tempat ini memang hanya memiliki kolam renang dengan ukuran standar, akan tetapi tidak mengurangi keseruan anda untuk berenang disini. Apalagi sejak tahun 2019, Pemerintah Kabupaten Sukoharjo telah melakukan berbagai renovasi di kolam yang ada disini. Sehingga airnya tambah terlihat sangat bersih, serta kolamnya juga terlihat lebih ceria karena di cat dengan warna yang cerah.

Tempat Berfoto

Di sekitar obyek wisata ini dibangun berbagai ornamen yang menarik sehingga membuat ditemukan banyak tempat yang bagus untuk berfoto. Salah satunya yaitu berada di pintu masuk obyek wisata ini yang dibuat berbentuk kepala naga raksasa. Pintu masuk ini telah diperbaiki dan di cat dengan warna yang terang sehingga terlihat bagus untuk dijadikan tempat berfoto.

Setelah dari pintu masuk, ada jalan setapak yang dibuat seperti sebuah gerbang yang bentuknya seperti gunungan wayang. Gerbang ini juga merupakan salah satu tempat foto favorit para pengunjung. Setelah jalan setapak ini, disediakan sebuah panggung yang bisa digunakan untuk berfoto dengan latar belakang pepohonan yang lebat yang ada di sekitar obyek wisata ini.

Ribuan Batu Beragam Bentuk

Sesuai dengan namanya, di areal tempat wisata ini terdapat ribuan batu dengan beragam bentuk. Batu-batu ini memang sengaja ditempatkan di areal sini dan itulah awal mula adanya obyek wisata batu seribu. Sayangnya, ribuan batu dengan beragam bentuk ini kurang terawat sehingga banyak juga  yang sudah mulai lapuk dimakan lumut sehingga bentuk dasarnya menjadi hilang.

Walau begitu, tempat ini juga tidak boleh anda lewatkan jika sudah sampai di batu seribu. Paling tidak anda mengetahui bahwa disini pernah dibangun ribuan patung batu yang digunakan sebagai obyek wisata. Mudah-mudahan saja, area batu ini bisa direvitalisasi oleh pemerintah setempat sehingga obyek wisata ini tidak kehilangan ciri khasnya.

Budaya dan Adat

Masyarakat di sekitar obyek wisat ini ternyata masih memegang teguh adat istiadat dan budayanya lho. Hampir setiap bulan selalu diadakan acara budaya yang menampilkan tarian dan musik tradisional daerah ini. Anda bisa menyempatkan diri untuk melihat pertunjukan seni yang ada disini untuk lebih mengenal keanekaragaman budaya yang ada di bangsa kita. Selain itu, wisata batu seribu juga sering digunakan oleh masyarakat sekitarnya untuk beberapa acara keagamaan misalnya saja padusan, kebaktian padang dan jalan salib.

Harga Tiket Masuk Wisata Batu Seribu

Wisata Batu Seribu yang ada di Sukoharjo memiliki tiket masuk yang sangat murah. Hanya dengan uang 5 ribu rupiah per orang, anda sudah bisa menikmati berbagai obyek  wisata yang ada di tempat ini selama seharian penuh. Tempat ini memang sangat cocok untuk liburan keluarga hemat,  tak heran apabila setiap  akhir pekan obyek  wisata ini selalu ramai dikunjungi pengunjung.

Disekitar lokasi juga terdapat banyak warga yang menawarkan makanan dan minuman yang bisa digunakan untuk mengisi energi ketika anda lelah bermain air. Makanan yang ditawarkan juga relatif murah,  segelas es teh hanya dibanderol dengan harga 3 ribu rupiah saja segelasnya. Untuk makanan biasanya dihargai antara 8 ribu hingga 15 ribu rupiah, tergantung dari jenis makanannya.

Obyek Wisata Lain di Dekat Batu Seribu

Setelah mengunjungi batu seribu, anda bisa mampir ke tempat wisata lain yang ada di dekatnya. Salah satu yang wajib anda kunjungi adalah gunung sepikul, pemandangan yang ada disini begitu indah dan sangat bagus dijadikan tempat berfoto. Di gunung sepikul ini, anda juga bisa melihat matahari secara terbenam. Tempat ini hanya berjarak sekitar 20-30 menit saja dari batu seribu.

Tempat lain yang menarik untuk dikunjungi adalah Sendang Kyai Truna lele, ini merupakan sebuah sendang yang dikeramatkan oleh masyarakat sekitarnya. Masyarakat di sekitar sini percaya bahwa ikan lele putih yang hidup disini merupakan jelmaan dari raja jin yang berkuasa di daerah tersebut. Adanya kepercayaan tersebut membuat tidak ada masyarakat yang berani memfoto ikan lele ini.

Artikel ini telah dibaca 247 kali

Baca Lainnya